‘’ HARI BUKU NASIONAL 2018 ‘’

Adinda Nur Kartikasari
2101684973

‘’ HARI BUKU NASIONAL 2018 ‘’
Sumber Gambar : Artikel BINUS TV CLUB

Bertepatan dengan hari pertama puasa bagi umat muslim yang menjalankannya di Indonesia, hari ini juga diperingati sebagai Hari Buku Nasional. Setiap tahunnya tanggal 17 Mei dirayakan sebagai Hari Buku Nasional.

Hari Buku Nasional di peringati setiap tanggal 17 Mei, tanggal tersebut dipilih sebagai Hari Buku Nasional yang di ambil dari dari momentum peresmian Perpustakaan Nasional pada tahun 1980 silam.

Perpustakaan Nasional tersebut di resmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI pada masa itu, yaitu Bapak Abdul Malik Fajar pada tanggal 17 Mei 1980.

Di masanya pada 17 Mei 1980, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Daoed Joesoef mencanangkan berdirinya Perpustakaan Nasional. Pada 14 September 2017 lalu, Presiden Jokowi meresmikan gedung Perpusnas yang baru dan didaulat menjadi perpustakaan nasional tertinggi di dunia, yakni setinggi 126,3 meter dengan 27 lantai.

Jauh dari hiruk pikuk sejarah Perpusnas, Hari Buku Nasional juga kerap disandingkan dengan nama Hari Literasi. Bahkan dihubungkan dengan permasalahan minimnya minat baca di Indonesia yang hanya sebesar 0.01 persen.

Data yang lebih mengenaskan, berdasarkan hasil kajian Most Littered Nation In the World 2016, minat baca di Indonesia menduduki peringkat 60 dari 61 negara. Di satu sisi, Paviliun Indonesia makin eksis berkiprah di berbagai gelaran pameran-pameran buku bertaraf internasional sekelas Frankfurt Book Fair, Bologna’s Children Book Fair, London Book Fair, dan Maret lalu menjadi negara tamu di Kuala Lumpur International Book Fair 2018.

Tujuan dari ditetapkannya Hari Buku Nasional adalah untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca khusunya masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan adanya Hari Buku Nasional ini di harapkan dapat melestarikan budaya membaca buku serta meningkatkan penjualan buku.

Seperti istilah yang sudah tak asing lagi, Buku Adalah Jendela Dunia, ya memang betul dengan banyak buku kita bisa menjelajah dunia, kita jadi banyak tahu.

Di media sosial, ucapan Hari Buku Nasional pun digaungkan netizen. Berbagai kutipan dari penulis kenamaan membuat perayaan ini masuk dalam Trending Topic Twitter.

“Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku merasa bebas – Mohammad Hatta. Selamat Hari Buku Nasional ? #haribuku #hatta #buku,” tulis akun @ODHAberhaksehat, seperti dikutip detikHOT.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka :https://hot.detik.com & Artikel BINUS TV CLUB