PKM 2024: BEYOND LIMITS: BROADCASTING IN THE FOURTH INDUSTRIAL REVOLUTION

PkM atau Pengabdian kepada Masyarakat merupakan program kerja BINUS TV Club yang diadakan setiap tahunnya. Pada tahun ini, PkM diselenggarakan selama tiga hari, yaitu pada tanggal 24–26 Juli 2024 di SMAN 7 Tangerang Selatan. Mengusung tema Beyond Limits: Broadcasting in the Fourth Industrial Revolution, PkM 2024 BINUS TV Club membahas mengenai industri broadcasting secara keseluruhan pada era digital 4.0 di mana revolusi industri telah semakin berkembang. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang segala proses broadcasting dalam konteks era digital 4.0 mulai dari tahap perencanaan hingga promosinya. Materi disampaikan oleh lima narasumber yang merupakan para aktivis BINUS TV Club batch 19 dengan membahas beragam topik seputar penyiaran di zaman modern ini. 

Pada hari pertama, materi sesi pertama dibawakan oleh Vivian Callista dengan judul From Radio Waves to Screens yang membahas tentang sejarah dan perkembangan teknologi informasi dari masa ke masa, serta peran media broadcasting dalam penyebaran informasi. Pada sesi ke-2, materi dibawakan oleh Pradipta Bagastama dengan judul Modernizing Broadcasting Production untuk memberikan pemahaman tentang produksi penyiaran secara umum serta perbedaan dan perkembangan produksi penyiaran dari era 1.0 hingga 4.0. Sesi materi kemudian dilanjutkan dengan sesi workshop, di mana para peserta diminta untuk bekerja secara berkelompok dalam mencari informasi dengan bantuan Artificial Intelligence (AI) dan membuat konsep untuk memproduksi konten media sosial terkait broadcasting pada era 4.0.

Pada hari kedua, materi sesi ke-3 disampaikan oleh Fawnia Ananda Dewi dengan judul Craft Compelling Journeys in Journalism yang membahas tentang jurnalistik secara umum, tantangan dari adanya teknologi 4.0 di dunia jurnalistik, juga penanggulangan dan etika penggunaan teknologi untuk proses jurnalistik. Setelah pemaparan materi, para peserta melakukan workshop untuk membuat naskah konten sesuai dengan konsep yang telah dibuat pada sesi workshop pada hari pertama. Selanjutnya, materi pada sesi ke-4 dengan judul Shaping a Story’s Impact through Editing dibawakan oleh Josef Benino Wiguna yang membahas seputar video editing pada tahap post-production broadcasting, inovasi teknologi 4.0 dalam video editing dan cara kerjanya, juga bagaimana professional software editing sudah mulai beradaptasi dengan inovasi teknologi 4.0. Kemudian, para peserta kembali melanjutkan workshop, yaitu merekam video konten dan melakukan video editing sesuai dengan konsep dan naskah yang telah dibuat sebelumnya. 

Pada hari ketiga, materi pada sesi terakhir dibawakan oleh Andina Rahmi Awalya dengan judul Expand Broadcasting Reach through Social Media untuk memberikan wawasan mengenai peran penting media sosial dalam dunia penyiaran, analisis studi kasus perusahaan yang telah sukses dalam memanfaatkan media sosial, dan tips memaksimalkan penggunaan media sosial dalam proses penyiaran informasi dengan inovasi teknologi 4.0. Sama seperti hari sebelumnya, pemaparan materi kemudian dilanjutkan dengan sesi workshop di mana para peserta diarahkan untuk membuat caption untuk hasil konten video yang telah dibuat. Kemudian, acara PkM 2024 BINUS TV Club ditutup dengan pemberian plakat dan sertifikat kepada perwakilan sekolah sebagai bentuk apresiasi serta penghargaan. 

Dengan diadakannya PkM ini, para peserta diharapkan dapat memperoleh pengetahuan baru dari materi-materi yang telah dipaparkan terkait industri penyiaran secara keseluruhan terutama di zaman modern ini. Selain itu, melalui sesi workshop, diharapkan para peserta juga mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai proses produksi konten video seputar broadcasting pada era revolusi industri 4.0.

Jesslyn Davin