PILMAPRES BINUS 2023

Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) merupakan ajang kompetisi mahasiswa berprestasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Acara ini digelar setiap tahunnya sebagai bentuk pemberian apresiasi kepada mahasiswa terbaik yang siap  membawa perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik. 

Tahun ini, PILMAPRES BINUS berlangsung secara onsite di BINUS Kemanggisan, kampus Anggrek pada ruang auditorium pada hari Sabtu, 18 Maret 2023. Acara PILMAPRES 2023 diawali dengan penyanyian lagu Indonesia Raya dan juga himne perguruan tinggi Bina Nusantara yang kemudian disusul oleh kata sambutan dari Johan, S.Kom., MM. selaku Vice Rector of Student Affairs and Community Development Binus University. PILMAPRES pada tahun ini memiliki 7 kandidat yang masing-masingnya mewakili fakultas yang ada di BINUS, diantaranya:

  1. Edward Hartanto Enrico Abadi sebagai BINUSIAN 2024 jurusan Business Information Technology di BINUS Bekasi mewakili School of Information Systems.
  2. Annisa Saptayulia Belvanugraha sebagai BINUSIAN 2025 jurusan Food Technology di BINUS Alam Sutera mewakili Faculty of Engineering.
  3. Delviana Pramata sebagai BINUSIAN 2024 jurusan International Relations di BINUS Kemanggisan mewakili Faculty of Humanities.
  4. Jessica Christabel Gan sebagai BINUSIAN 2025 jurusan Film di BINUS Alam Sutera mewakili School of Design.
  5. Maevy Marvella merupakan BINUSIAN 2024 jurusan Mobile Application and Technology di BINUS Kemanggisan mewakili School of Computer Science.
  6. Olivia Valentina sebagai BINUSIAN 2024 jurusan Marketing Communication di BINUS Kemanggisan mewakili Faculty of Digital Communication Hotel and Tourism.
  7. Thalea Christy Nathaniela sebagai BINUSIAN 2024 jurusan Entrepreneurship – Business Creation di BINUS Malang mewakili fakultas BINUS Business School.

Pada sesi pertama dalam acara PILMAPRES 2023, setiap kandidat diberikan kesempatan selama 5 menit untuk melakukan presentasi terkait karya tulis ilmiah yang telah mereka buat sebelumnya, dimana setiap inovasi yang akan disampaikan oleh setiap kandidat dilatarbelakangi oleh beberapa aspek permasalahan yang dihadapi di Indonesia. Tentunya inovasi yang dipresentasikan harus juga memiliki dampak yang baik untuk kemajuan Indonesia. Setelah kandidat menyampaikan inovasi dari karya tulis ilmiah mereka, terdapat sesi tanya jawab yang berdurasi 5 menit yang akan ditanyakan oleh ketiga juri yaitu Johan, S.Kom., M.M. selaku Vice Rector Student Affairs and Community Development, Prof. Dr. Juneman Abraham, S.Psi.,M.Si and Dr. Elidjen, S.Kom., MInfoCommTech., CIP. 

Kemudian acara masuk pada sesi kedua yaitu impromptu speech dimana semua kandidat akan membuat argumentasi dalam bahasa Inggris yang dapat menyetujui atau membantah pernyataan terkait dengan penelitian studi kasus yang diberikan oleh dewan juri. Setiap kandidat diberikan waktu selama 3 menit untuk membuat argumentasi tersebut kemudian diberikan tambahan 3 menit lagi untuk menyampaikannya. Setelah itu kandidat lain diperbolehkan untuk menanggapi atau memberikan pertanyaan kepada kandidat yang menyampaikan. Pada sesi ini,  yang dinilai adalah kelancaraan bahasa dan juga logika dalam argumentasi yang diberikan oleh setiap kandidat. Penilaian tersebut diberikan oleh kedua juri yaitu bapak Wishnoebroto, S.Pd., M.Hum., MA dan Dr. Franklin G. Talaue, M.A.Engl. 

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari duta bahasa BINUS yaitu lagu “One Moment in Timekarya Whitney Houston oleh Shabrina Istaghfirlana selaku duta bahasa BINUS terfavorit tahun 2023 dan penampilan puisi yang berjudul “Tanah Air Mata” karya Sutardji Calzoum Bachri oleh Roni Sanderson Sokoy selaku terbaik 1 duta bahasa BINUS 2023. Setelah menyaksikan penampilan dari kedua duta bahasa BINUS, tiba saatnya sesi pemberian penghargaan dan sertifikat kepada MAWAPRES dan juga mengumumkan pemenang dari PILMAPRES 2023.

Thalea Christy Nathaniela yang mewakili fakultas BINUS Business School berhasil menjadi MAWAPRES terfavorit 2023 berdasarkan hasil dari voting Binusian dan Edward Hartanto Enrico Abadi sebagai perwakilan School of Information System berhasil menjadi MAWAPRES terbaik pada acara PILMAPRES 2023. 

Selamat kepada para kandidat yang sudah mengikuti rangkaian acara PILMAPRES 2023 dan selamat  kepada MAWAPRES terfavorit dan terbaik di BINUS University. Dengan adanya PILMAPRES ini, semoga kedepannya akan semakin terus berkarya dan membawa perubahan untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

 

 

Josephine Irene, Nickxen Michael, Steffany Raissa