Panel Discussion TVONAIR 6.0: Berinovasi untuk Berdampak di Era Media Digital

Tangerang, 14 April 2021—TVONAIR 6.0 menyelenggarakan Panel Discussion dengan tema “Developing Media in Digital Technology” pada Rabu (14/4/2021). Acara yang menghadirkan Azizah Hanum (News Anchor), Ahmad Toriq (Managing Editor Detik.com), dan Hera Diani (Co-founder Magdalene.co) dilaksanakan secara daring melalui Zoom.

Mengambil konvergensi media sebagai tema besar, Panel Discussion bertujuan untuk mengetahui bagaimana media massa berkembang di tengah perubahan teknologi digital. Kali ini, Panel Discussion diawali dengan kata sambutan dari Sasmito Madrim, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi para narasumber yang dipandu oleh Veronika selaku moderator acara.

Dalam pelaksanaannya, para narasumber saling berbagi pengalaman dan informasi terkait perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi. Selain itu, mereka juga membagikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi perkembangan teknologi yang memengaruhi industri media di era saat ini.

Menanggapi fenomena tersebut, Azizah Hanum menceritakan pengalamannya ketika melakukan siaran dari rumah di masa pandemi. Melalui peristiwa tersebut, Hanum mengungkapkan bahwa Indonesia masih belum memiliki teknologi yang memadai untuk melakukan hal tersebut. Sehingga, memaksa divisi news anchor dan kameramen untuk tetap bekerja di studio.

Lalu, Ahmad Toriq turut menambahkan pernyataan terkait hal yang perlu diantisipasi oleh para jurnalis saat ini, yaitu maraknya kasus perundungan daring (cyberbullying). Menurut Toriq, hal tersebut perlu diantisipasi oleh jurnalis ketika menulis suatu berita yang mengundang perdebatan publik, seperti tulisan yang dianggap menjelekkan salah satu pihak.

Berdasarkan catatan peristiwa, apabila melihat hal tersebut, masyarakat akan menyerang jurnalis secara instansi dan individu dengan menggali privasi dari jurnalis tersebut. Oleh karena itu, literasi media dan kebijakan-kebijakan tertentu sangat dibutuhkan untuk melindungi jurnalis dari tindakan cyberbullying.

Terakhir, Hera Diani turut memberi pernyataan mengenai strategi yang perlu dilakukan oleh media massa dalam meningkatkan engagement di era pandemi. Menurut Hera, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kualitas-konten dan interaksi media sosial.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengangkat isu-isu besar yang terjadi di masa pandemi, seperti kasus kekerasan pada perempuan yang meningkat. Hal tersebut akhirnya membuat Hera mengajak berbagai pihak dalam membuat event untuk menangani hal tersebut.

Selain menghadirkan pembicara andal dalam bidangnya, Panel Discussion juga dimeriahkan dengan diselenggarakannya snapgram challenge. Pihak panitia menantang peserta untuk mengirimkan foto saat mengikuti rangkaian acara TVONAIR 6.0 dengan menuliskan kutipan menarik dari ketiga narasumber.

Dalam tantangan tersebut, peserta harus mengunggah foto pada Instagram Story di akun mereka dan dilengkapi tagar #SHAREYOURMOMENT serta #LETSBEINSPIRING. Pemenang challenge akan diumumkan
saat penutupan TVONAIR 6.0 yang diselenggarakan pada Jumat (16/4/2021) pukul 17.00 WIB.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, TVONAIR 6.0 hadir dengan inovasi baru, yaitu dilaksanakannya pre-event berupa gelar wicara (talk show) berupa Live Instagram. Talkshow bernama Media Talk dilaksanakan sebanyak dua kali, yaitu pada Senin (5/4/2021) dan Kamis (8/4/2021).

Media Talk pertama mengangkat tema “Speak Up and The New Media is Listening” dengan mengundang Danu Karunia selaku Creative Director dari Cretivox sebagai narasumber.

Selain itu, pada Media Talk kedua, TVONAIR 6.0 mengundang Abram Agastya, Content Producer and Social Media Specialist Narasi TV untuk membahas tema “Embracing The Power of Social Media for TV Engagement”.

Kedua pre-event tersebut berhasil menarik minat audiens serta mampu memberikan insight baru terkait dunia media massa. Sesi tanya jawab yang disediakan memberikan kesempatan bagi audiens untuk bertanya langsung kepada narasumber melalui kolom komentar.

Selain Media Talk dan Panel Discussion, TVONAIR 6.0 akan menyelenggarakan Sharing and Discussion (SnD). Rangkaian acara diskusi TV kampus tersebut akan dilaksanakan pada Jumat (16/4/2020). Tahun ini, SnD mengambil tema “Utilizing Media 5.0 Revolution for Positive Media Trend” dengan mengundang Amanda Valani (Content Manager Narasi TV) dan Sasmito Madrim (Ketua AJI) sebagai narasumber.

Evolve to Impact