P2M: GET TO KNOW THEM – BROADCASTING AND CONTENT CREATING

BINUS TV Club merupakan unit kegiatan mahasiswa di BINUS University. Setiap tahun, BINUS TV Club menjalankan sebuah event yang memiliki fokus untuk berkontribusi pada komunitas maupun masyarakat yang bernama “Pengabdian Pada Masyarakat” atau yang lebih dikenal dengan nama P2M. Event ini berfokus kepada kontribusi aktivis BINUS TV Club dalam membantu isu-isu sosial di masyarakat. Masih sama dengan event sebelumnya, P2M kali ini  dilaksanakan secara online atau daring melihat adanya kasus pandemic COVID-19 yang tidak kunjung usai. Hal ini membuat panitia event harus mengambil pendekatan melalui media digital.

Dengan adanya Acara P2M kali ini, diharapkan para peserta bisa mengerti dan memahami bagaimana peran seorang broadcaster dan content creator. Seperti yang kita ketahui, sebagai seorang broadcaster seseorang dituntut untuk memahami tahap pra-produksi, produksi, dan pasca produksi dari suatu program televisi, serta bagaimana mengimplementasikannya. Selain itu, pembahasan mengenai content creating dengan para content creator juga diadakan dalam P2M dengan sesi sharing yang menarik. Content creating menjadi salah satu hal yang dilakukan oleh sebagian besar khalayak di era digital sebagai pribadi yang aktif terlibat dalam media karena saat ini semua orang memiliki kesempatan dan peluang sebagai content creator di berbagai media yang bisa menginspirasi dan berdampak bagi para penonton.

Tahun ini, P2M mengadakan acara yang berjudul “GET TO KNOW THEM: Broadcasting & Content Creating”. Acara P2M ini terbagi menjadi dua sesi acara pada tanggal 21 Juni 2021 & 22 Juni 2021 dengan masing-masing dua narasumber yang berbeda pada setiap sesinya. Acara dimulai dengan penampilan dari salah satu anggota BINUS TV Club, Saint Kachiev yang menyanyikan lagu Blue Jeans – Gangga. Di hari pertama, P2M diisi oleh narasumber yaitu Fiana Anindita sebagai seorang broadcaster, yaitu video jurnalis dan presenter di BINUS TV dan juga Whisnu Anugrah sebagai seorang content creator TikTok (@wisnukunt), yang sebagian besar kontennya bersifat komedi yang lucu dan menghibur. Dilanjutkan dengan hari kedua, dengan pembicara Ridho Adiono sebagai broadcaster, yaitu program producer di BINUS TV dan juga Eva Alicia sebagai content creator TikTok (@aliciaeva9) yang kontennya tentang art dan small business yang ia miliki.

Acara ini diisi dengan rangkaian materi dari para narasumber dan juga video mengenai broadcasting yang dibawakan oleh Zaffan, diharapkan Smart Viewers dapat memahami lebih dalam mengenai broadcaster dan juga content creator, khususnya bagi mereka yang tertarik di bidang ini. Karena selain mendengar cerita dan pengalaman dari para pembicara, peserta juga dapat melakukan tanya jawab secara langsung pada narasumber pada sesi Q&A yang terdapat di akhir setiap acara. Tak lupa, BINUS TV Club juga mengadakan games yang berkaitan dengan broadcasting dan content creating dengan hadiah yang menarik di setiap sesinya, sehingga membuat P2M kali ini semakin seru.

Dengan dukungan dari berbagai media partner dan juga pihak sponsor, acara P2M BINUS TV Club kali ini berjalan dengan lancar. Dengan diadakan acara P2M, diharapkan Smart Viewres dapat lebih mengenal perbedaan dari broadcaster dan juga content creator sekaligus mengedukasi mereka, khsusunya bagi yang ingin memulai karirnya sebagai content creator di masa pandemi COVID-19 ini. See you on the next P2M! Stay safe during COVID-19.