LDK-A BINUS TV CLUB BATCH 19: IGNITE YOUR STRENGTH IN THE BROADCAST ARENA

Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A) BINUS TV Club Batch 19 kembali diselenggarakan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 2 Maret 2024 secara online dan tanggal 3 Maret 2024 secara onsite di GOR Binus Syahdan. LDK-A BINUS TV Club merupakan rangkaian acara wajib yang menjadi salah satu syarat untuk menjadi aktivis BINUS TV Club. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan lebih lanjut tentang BINUS TV Club kepada para calon aktivis dan mempersiapkan diri mereka sebelum memulai program-program kerja. Tahun ini, LDK-A BINUS TV Club Batch 19 mengangkat tema Ignite Your Strength in The Broadcast Arena yang terinspirasi dari konsep survival games atau cara bertahan hidup yang kuat. Konsep ini menggambarkan usaha para calon aktivis bertahan hidup di tengah situasi yang belum dijelajahi dalam dunia broadcasting.

Pada hari pertama, calon aktivis mendapatkan tiga materi dari narasumber yang berbeda. Materi pertama dibawakan oleh Presiden Umum BINUS TV Club periode 2024/2025, Witra Ananda Putra, mengenai perkenalan organisasi dan pengurus BINUS TV Club 2024/2025. Materi selanjutnya dibawakan oleh Sisca Yunisa (Production Section Head BINUS TV) dengan judul “Unleashing Potential: Membangun Kepemimpinan dan Komunikasi yang Kuat dalam Industri Media”. Lalu, materi terakhir berjudul Storytelling in Broadcasting yang dibawakan oleh Intan Pertiwi (Junior Creative Crew BINUS TV). 

Selain pemaparan materi, LDK-A pada hari pertama ini juga diselingi sesi Q&A untuk memperdalam pemahaman para calon aktivis dan juga sesi ice breaking untuk menambah keseruan acara.

Hari kedua acara dimulai dengan sambutan oleh Gracia Agatha Tomasoa selaku Project Director LDK-A BINUS TV Club Batch 19 yang dilanjutkan dengan briefing kelompok sebelum dimulainya presentasi tugas pra-LDK. Para calon aktivis batch 19 region Kemanggisan dan Bekasi melakukan presentasi mengenai program dokumenter dengan tema Perjalanan Kuliner atau Tempat Wisata, sedangkan calon aktivis batch 19 region Alam Sutera melakukan presentasi mengenai public service announcement dengan tema Penggunaan Teknologi AI (Artificial Intelligence) atau Social Media. Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan penampilan yel-yel kelompok dan kegiatan permainan District to District. Selanjutnya, para calon aktivis dari seluruh region melakukan pelantikan sebagai aktivis BINUS TV Club batch 19 yang sekaligus menjadi akhir dari keseluruhan rangkaian acara. 

Para calon aktivis batch 19 yang telah dilantik menjadi aktivis baru BINUS TV Club mendapatkan banyak pengalaman berharga dalam berinteraksi dengan alumni, pengurus, dan karyawan BINUS TV selama LDK-A berlangsung. Diharapkan momen-momen yang tercipta pada acara ini dapat menjadi awalan yang tidak terlupakan bagi para aktivis baru di dunia broadcasting ke depannya.

Sabrina Aliyah Rivansa & Jesslyn Davin