SEMINAR DAN WEBINAR AKAN TERGANTIKAN OLEH CLUBHOUSE?

Clubhouse merupakan sebuah media sosial yang belakangan ini sedang populer. Clubhouse semakin dikenal sejak CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk, melakukan sesi perbincangan lewat jejaring sosial tersebut dan di publikasi di kanal YouTube.

Lantas apa itu ClubHouse ? ClubHouse adalah aplikasi jejaring sosial yang berbasis audio yang dirilis di Amerika Serikat pada bulan Maret 2020 lalu. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan software bernama Alpha Exploration Co yang didirikan oleh Paul Davison.

Melalui ClubHouse, pengguna dapat melakukan streaming audio, panggilan telepon, hingga membuat ruang virtual dengan membahas topik yang khusus dan dikemas berbentuk podcast bersama narasumber. Walaupun aplikasi ini hanya berbasis audio, hingga saat ini ClubHouse masih mengalami peningkatan pengguna yang sangat pesat.

Selain dapat menarik perhatian penggunanya melalui topik pembahasan, Clubhouse ini juga digunakan oleh berbagai kalangan seperti selebriti, pengusaha, influencer, pejabat dan masih banyak lagi. Hal ini juga dapat meningkatkan ketertarikan pengguna untuk menggunakan aplikasi ini.

Selain dapat mendengarkan obrolan moderator dengan narasumber, para pengguna juga bisa diberikan kesempatan untuk mengobrol langsung dengan narasumber, yang nantinya akan dinaikkan menjadi speaker oleh moderator. Selain itu, pengguna juga bisa mengajak pengguna Clubhouse yang lain untuk bergabung kedalam room yang sama.

Lalu, apakah ClubHouse dapat menggantikan acara seminar dan webinar? Kita belum bisa memastikannya hingga saat ini, karena keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. ClubHouse terlihat memiliki tampilan yang sangat sederhana, sedangkan webinar dan seminar lebih banyak memberikan tampilan yang variasi dan lebih menarik walaupun tidak semua webinar atau seminar gratis.

Namun sayangnya, saat ini Clubhouse hanya bisa ditemukan di IOS saja. Sehingga banyak pengguna android yang belum bisa mengakses aplikasi ini. Walaupun Alpha Exploration Co, selaku pengembang Clubhouse tengah mengusahakannya, hingga saat ini masih belum ada kepastian kapan aplikasi ini bisa dinikmati pengguna android.

Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2021/02/04/09150087/apa-itu-clubhouse-medsos-baru-yang-dipopulerkan-elon-musk

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5377373/apa-itu-clubhouse-app-aplikasi-obrolan-suara-yang-ramai-dibicarakan