Facebook berganti nama menjadi Meta, Apa keunggulannya?

Sudah 17 tahun mendirikan Facebook Inc akhirnya Mark Zuckerberg melakukan perubahan nama merek.  Perubahan nama resmi perusahaan ini diganti menjadi “Meta”. Perubahan nama ini diumumkan Mark dalam konferensi tahunan Connect yang digelar pada Kamis (28/10/2021).

Dalam sesi wawancara bersama outlet media The Verge, Zuckerberg mengungkapkan beberapa alasan di balik keputusannya untuk merubah nama Facebook Inc menjadi Meta.

Mark mengatakan, kata ‘meta’ ini merupakan bahasa Yunani yang berarti ‘melampaui’.

“Untuk saya, kata itu melambangkan selalu ada yang lebih banyak dibangun, dan selalu ada bab selanjutnya dari cerita yang kami bangun,” ujar Mark.

Mark juga mengatakan, ia sangat bangga dengan apa yang sudah dibangun hingga sekarang ini dan bersemangat untuk mengetahui apa yang terjadi selanjutnya dengan mengikuti perkembangan teknologi yang selalu berubah hingga masa depan nanti.

  • Visi Zuckerberg tentang Metaverse

Metaverse merupakan titik plot yang sering digunakan dalam banyak karya fiksi ilmia, salah satu contohnya seperti film Ready Player One (2018)

Konsep ini digambarkan Zuckerberg sebagai “lingkungan virtual” yang dapat dimasuki dan tidak hanya melihat layar saja. Pada dasarnya ini bisa dikenal sebagai dunia komunitas virtual yang tak berujung dan tidak saling berhubungan dimana ketika orang bertemu, bekerja, belajar, dan bermain, karena hanya menggunakan headset, Virtual Reality (VR), kacamata Augmented Reality (AR), aplikasi smartphone,  atau perangkat lain yang mendukung.

“Dan ketika Anda sedang rapat di metaverse, Anda akan merasa seperti berada di ruangan bersama-sama melakukan kontak mata, memiliki rasa ruang yang sama, dan tidak hanya melihat kisi-kisi wajah di layar,”  kata Zuckerberg.

Menurut seorang analis yang mengikuti perkembangan teknologi terbaru, Victoria Petrock “Ini adalah evolusi konektivitas berikutnya saat semua hal mulai menyatu dalam alam semesta doppelganger yang mulus, jadi Anda menjalani kehidupan virtual Anda dengan cara yang sama seperti Anda menjalani kehidupan fisik Anda,”

  • Mengubah cara orang berinteraksi

Menurut Zuckerberg, Metaverse ini akan mengubah cara orang berinteraksi dengan menggunakan smartphone atau kacamata AR. Nantinya orang akan dapat menggunakan gerakan tangan untuk mengatakan sesuatu kepada orang lain.

Sebelumnya Facebook juga telah meluncurkan perangkat lunak pertemuan dan perusahan yang disebut sebagai Horizon Workrooms dengan menggunakan headset Oculus VR seharga Rp 4,2 juta. Alat ini dapat memberikan pengalaman metaverse paling anyar di luar jangkauan orang-orang.

Pengalaman metaverse ini nantinya juga bisa memungkinkan untuk berteleportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, walaupun tidak terlihat nyata berada di tempat itu.

Referensi :

https://www.liputan6.com/tekno/read/4697236/fakta-fakta-metaverse-proyek-ambisius-mark-zuckerberg-lewat-meta-dan-facebook

https://www.liputan6.com/tekno/read/4696663/facebook-ganti-nama-jadi-meta-apa-itu

https://www.dw.com/id/apa-itu-metaverse/a-59560484

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20211029064332-37-287411/facebook-ganti-nama-jadi-meta-ini-penampakan-logo-barunya

Cahya Putrinda