Broadcasting bagi Nusantara

Dunia penyiaran mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk tanah air. Seiring dengan perkembangan zaman, broadcasting atau yang sering disebut dengan penyiaran juga semakin berkembang. Penyiaran merupakan salah satu media dimana informasi dapat tersebar luas. Selain itu, penyiaran dapat dilakukan dalam bentuk audio yaitu melalui radio dan juga video melalui media komunikasi massa. Dengan begitu, penyiaran sendiri memiliki peranan dan dampak yang besar bagi Nusantara.

Sejak dini, penyiaran kerap digunakan sebagai media yang dapat membantu untuk menyebarluaskan informasi yang ingin diberitahukan. Sebagai contoh, kekalahan Jepang atas sekutu yang terdengar melalui siaran radio yang memberikan dampak besar. Selain itu, penyiaran yang dilakukan pada saat pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia melalui radio. Dengan melakukan penyiaran tersebut, banyak negara yang mendapat informasi proklamasi dan Indonesia pun mendapat pengakuan atas kemerdekaannya.

Meskipun pada zaman ini media penyebaran informasi sudah berkembang pesat, penyiaran masih merupakan salah satu media yang terus digunakan di tanah air. Berdasarkan KPI, masyarakat terbukti lebih percaya dengan informasi yang disampaikan dengan penyiaran dibandingkan berita digital yang ada di internet. Berikut 3 peran penyiaran bagi tanah air kita.

Pertama, menyebarkan informasi penting dengan efisien kepada masyarakat. Saat ini, media massa untuk menyebarkan informasi sangat dibutuhkan tanah air. Informasi tentang protokol kesehatan dan informasi – informasi lain yang penting dapat disiarkan melalui radio nusantara maupun televisi. Selain itu, penyiaran juga dapat melalui YouTube yang saat ini banyak peminatnya.

Kedua, menghibur masyarakat. Terkadang penyiaran yang dilakukan mempunyai tujuan untuk menghibur. Melalui radio, sering disiarkan lagu untuk menghibur saat sedang dalam perjalanan atau bosan. Selain itu, acara – acara telivisi nusantara yang disiarkan terkadang mempunyai konten yang menarik dan sangat menghibur contohnya Extravaganza dan Opera Van Java. Maka dari itu, terlihat bahwa dunia penyiaran di tanah air berkembang dan beragam.

Ketiga, menumbuhkan rasa cinta budaya tanah air. Budaya Indonesia yang sangat beragam merupakan salah satu konten yang kerap disiarkan baik dalam televisi maupun radio. Penyiaran tentang budaya tanah air sangat memiliki dampak yaitu menyadarkan masyarakat akan indahnya budaya Indonesia dan menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat akan tanah air.

Berdasarkan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa broadcasting atau penyiaran sangat membantu dan memberikan dampak yang besar bagi tanah air kita. Penyiaran menyajikan beragam konten berkualitas yang dapat mengedukasi dan juga menghibur masyarakat. Dengan begitu, masyarakat akan mendapat informasi yang jelas dan mencintai tanah air Indonesia yaitu Nusantara.

Sumber :

https://rri.co.id/1539-humaniora/884326/sejarah-kekalahan-jepang-melalui-siaran-radio

Jessica Rachel Santoso