TAHAP PRA PRODUKSI DALAM PROGRAM TELEVISI

Divisi produksi adalah bagian untuk penyusunan pengerjaan dalam bidang produksi suatu karya, menyusun dan melaksanakan program dan juga berkoordinasi dengan divisi lain terkait tugas di dalam program. Divisi produksi ini dalam Binus Tv club mahasiswa dapat belajar menyusun, membuat, memikirkan, dan merancang program. Dalam bidang produksi ada 3 tahap yang harus diketahui ketika ingin membuat program atau karya tersebut, yaitu, Pra-produksi, Produksi, Pasca/Post-produksi. Kali ini yang akan kita bahas bagaimana pra-produksi didalam suatu program yang ada di Binus tv club ini.

Sebelum kita mempelajari lebih dalam tentang apa itu pra produksi, kita harus tahu dulu apa arti dari pra produksi itu sendiri. Pra produksi adalah salah satu tahap dalam proses pembuatan karya yang pada tahap ini yang dilakukan yaitu persiapan dari pembuatan karya tersebut, diantaranya, penulisan naskah, menentukan jadwal shooting, mencari lokasi shooting, mencari pemeran, dan juga mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan pada saat produksi berlangsung. Nah dari penjelasan tersebut kita bisa mengetahui apa arti dari pra produksi itu sendiri. Pra produksi di Binus tv club adalah saat dimana kita diajarkan kerjasama yang baik dan memikirkan matang–matang mengenai konsep apa yang kita mau buat dan yang kita mau produksi.

Dalam pra produksi yang dipimpin oleh produser dari program yang ada di Binus tv club memberi arahan bagaimana tahap sebelum produksi dimulai. Dalam tahap pra produksi disini itu kita memikirkan 50% dari 100% secara keseluruhan tahap program yang diikuti oleh 25% produksi, dan 25% post produksi. Mengapa demikian? Karena dalam pra produksi kita harus memikirkan juga bagaimana pada saat produksi dan post produksi, jadi dengan kata lain pra produksi disini adalah bagaimana program itu jadinya. Tahap pra produksi akan membagi crew ke beberapa kelompok yaitu,

  • ass produser : seseorang yang dipercayai oleh produser untuk membantu dalam melaksanakan ide/gagasan dalam program
  • pembuat script : seseorang yang menulis naskah cerita dari program dan mengembangkannya.
  • Lo talent : seseorang yang bertugas untuk menghubungi talent dan bertanggung jawab atas talent.
  • Cameraman : seseorang yang bertugas mengambil gambar pada saat produksi
  • Perlengkapan : seseorang yang bertugas menata dan mengurus semua perlengkapan shooting
  • Editor : seseorang yang bertugas untuk mengedit hasil produksi

Dari pembagian tugas tersebut produser mengarahkan crewnya dan memberikan deadline untuk tahap pra produksi sampai dengan tahap post produksi, deadline ini dibuat agar sentetan tahap yang dilakukan sesuai dengan jadwal yang diinginkan dan tidak terbengkalai.

Nah itu dia penjelasan dari pra produksi, semoga kalian bisa belajar tentang pentingnya pra produksi pada saat pembuatan program, dan semoga menambah wawasan kalian tentang tahap dari pembuatan suatu program itu sendiri.

Reza Rizky Rosandi