BIC

BIC PRESIDENTIAL ELECTION DAY

14 Oktober 2022 – BIC melaksanakan Pemilihan Ketua Umum BIC periode 2023/2024. Pemilu ini menandakan bahwa masa kepengurusan BIC periode 2022/2023 sudah setahun terlewati dan sudah waktunya untuk melepas masa jabatannya untuk dipercayakan selanjutnya kepada kepengurusan terpilih selanjutnya.

Pemilu tahun ini masih dilaksanakan secara online melalui media Zoom sebagai sarana Ba-Lon (Bakal Calon) dalam mencari dukungan serta G-form sebagai media pemungutan suara. Meskipun masih dilaksanakan secara online, namun tidak menyurutkan semangat dari kedua kandidat dan semua aktivis dan pengurus yang turut mendukung pemilu pemilihan calon president baru.

Tahun ini, BIC telah mempersiapkan tiga kandidat bakal calon President of BIC periode 2023/2024. Kandidat no. urut 1 yaitu: Felicia Rosemona, Binusian 25 dari jurusan Business Creation. Kandidat no. urut 2 yaitu: Yansen Pasaribu, Binusian 25 dari jurusan Information System and Management dan Kandidat terakhir dengan no. urut 3 yaitu: Jesika Utomo, Binusian 25 dari International Business Management.

Acara pemilu diawali dengan kata sambutan dari President BIC 2022/2023, yaitu Sharon Bawole lalu dilanjutkan dengan pemutaran video kampanye yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh ketiga kandidat. Di video tersebut, ketiga kandidat menjelaskan tentang visi, misi, proker, rencana yang mereka siapkan dalam membuat BIC berkembang menjadi semakin baik lagi. Setelah pemutaran video kampanye, selanjutnya kandidat memperkenalkan dirinya dan diberi kesempatan selama 15 menit untuk melakukan speech dan presentasi di depan seluruh pemegang hak suara yang nantinya memilih mereka.




Selanjutnya, agar para pemegang hak suara lebih yakin terhadap calon ketua pilihannya, pemilu juga dilengkapi dengan sesi tanya jawab kepada masing-masing kandidat. Jawaban-jawaban yang dilontarkan oleh masing-masing kandidat diharapkan dapat semakin meyakinkan pemegang hak suara bahwa calon ketua pilihannya adalah yang terbaik.

Setelah berlangsungnya kegiatan kampanye, acara dilanjutkan ke sesi pemungutan suara yang dilakukan oleh sebanyak 33 pemegang hak suara. Pemilu dilaksanakan secara demokratis dan panitia khusus penyelenggaraan pemilu juga menjamin bahwa hasi vote adalah jujur, tidak dimanipulasi, serta melakukan berbagai pengecekan jumlah suara secara detail dan tervalidasi.

Setelah pemungutan suara selesai, akhirnya acara pemilu tiba pada sesi yang menegangkan sekaligus yang paling dinanti-nantikan oleh kedua kandidat dan juga pemegang hak suara, yaitu pengumuman hasil voting siapa yang akan menjadi President of BIC 2023/2024. Dan kandidat yang terpilih menjadi President of BIC 2023/2024 adalah Kandidat dengan nomor urut #3, yaitu Jesika Utomo.