BIC

Acara HUT RI-76 “Generasi Tangguh Untuk Indonesia Merdeka”


Dalam rangka memeriahkan peringatan kemerdekaan Indonesia, BINUS Business International Club (BIC) mempersembahkan acara HUT RI-76 yang bertema “Generasi Tangguh Untuk Indonesia Merdeka”. Rangkaian acara diadakan dalam bentuk lomba video kemerdekaan dan Acara Peringatan Kemerdekaan. BIC mengusung tema “Menuju Indonesia Tangguh, Tumbuh, dan Merdeka Melawan Covid-19” dalam lomba video kemerdekaan.

Pemenang lomba video nantinya mendapatkan hadiah sebesar:

  • Juara 1: Rp. 1.000.000,- (SAT Point + E-Certificate)
  • Juara Favorite: Rp. 650.000,- (SAT Point + E-Certificate)
  • Participants: SAT Point (for Binusian) + E-Certificate

Pada tanggal 21 Agustus 2021 merupakan puncak acara dari serangkaian acara HUT RI-76. Acara dilaksanakan pada pukul 13.00 secara online melalui zoom yang diikuti oleh 200 lebih peserta. Acara dipandu oleh dua MC, yaitu Elsa Salim, selaku Head of Program BIC 2021 dan Priscilla Sharon B., selaku Staff of Program BIC dan sekaligus sebagai Project Manager Acara HUT RI-76 BIC. Untuk memperingati kemerdekaan RI, acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Lalu dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Project Manager, Priscilla Sharon B.

Selanjutnya, acara dimeriahkan oleh berbagai games dan kuis berhadiah, seperti kahoot, tebak gambar, tebak judul lagu, dll. Meskipun acara hanya dilaksanakan secara online, namun melalui games ini, terlihat jelas antusias dan semangat peserta untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Setelah games, tibalah saatnya untuk mengumumkan para pemenang lomba video kemerdekaan yang telah dinanti-nantikan para peserta lomba. Daftar pemenang lomba video kemerdekaan ialah sebagai berikut:

  • Juara Utama: Abul Khoir Attonani, dengan judul video: “Generasi Penerus Bangsa di Tengah Pandemi”.
  • Juara Favorit: Cheryl Almeira, dengan judul video: “Berjuang Bersama”.
  • Hidden Champion: Daniel Ariel Hadjo, dengan judul video: Aset Berharga
  • Kategori Best Acting: Lisa Mega Tanto Kusumo, Anastasya Anirudha, dan Monika Felicia, dengan
  • judul video: “Indonesiaku Tangguh, Tumbuh, Merdeka”.
  • Kateori Most Beautiful Scenery: Akbar Fisabilillah, Fahryzal Bintang, dan Irfan Imam Fauzi, dengan judul video: “Semangat Merah Putih di Tengah Pandemi”.
  • Kategori Best Script Writing: Angie Valentine, dengan judul video: “ Semangat’45 dalam Melawan Covid-19”.
  • Kategori Most Ddicated Video: Albertus Bimo Raharjanto, Abudiar Redondo, Akbar Riztian Nugraha, dengan judul video: “Indonesia Bangkit”.


Selanjutnya, acara dilengkapi dengan sharing session dengan menghadirkan pembicara, yaitu Dr. Muhammad Reza Syariffudin Zaki, S.H., MA, AWP, CICQNR, CRMO yang merupakan seorang dosen Business Law BINUS University, Tokoh Filantropi Millenial versi Koran TEMPO, dan Sosok Muda versi Koran Media Indonesia. Melalui sharing session yang disampaikan oleh mas Zaki, begitu sapaan akrabnya, dapat disimpulkan bahwa, generasi muda (generasi milenial) harus menjadi generasi yang tangguh, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan menjadikan semua itu sebagai pembelajaran untuk menghantarkan kita sebagai generasi penerus bangsa untuk menjadi lebih tangguh lagi, tetap semangat, kreatif, dan inovatif dalam mengisi kemerdekaan.

Setelah itu, seluruh peserta diajak untuk mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan dan diakhir acara ditutup dengan pemberian giveaway yang dilakukan secara random bagi peserta yang beruntung.