BIC

SIAPA YANG DIUNTUNGKAN ?

Siapa yang diuntungkan?

Pandemi Covid-19 dan perang Ukraina Rusia yang tak kunjung berakhir membawa banyak masalah, termasuk di bidang ekonomi. Terjadi inflasi di seluruh negara, banyak usaha yang mengalami rugi atau bahkan bangkrut. Namun, tak semua usaha merasakan hal serupa, beberapa industri justru diuntungkan dengan adanya inflasi. Perusahaan yang menjalankan bisnis pengeboran minyak, perdagangan gandum, hingga penjual anggur berkualitas justru mengalami keuntungan.

• Perusahaan berbasis minyak dan gas bumi

Bisnis yang mengekstrak dan memurnikan bahan bakar fosil sedang naik daun dalam beberapa bulan terakhir karena mereka meraup keuntungan yang gila-gilaan. Harga gas grosir terus melonjak di pasar internasional dan harga minyak telah mencapai harga $100 per barel karena meningkatnya permintaan dan kekhawatiran pasokan menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

• Perusahaan berbasis tambang

Terbatasnya pasokan gas dan batubara Rusia menyebabkan beberapa negara mencari alternatif dari negara lain. Negara-negara yang mengalami empat musim perlu mempersiapkan bahan bakar untuk pemanas ruangan ketika musim dingin. Oleh karena itu, perusahaan yang mampu memberi pasokan batubara akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa.

• Perusahaan berbasis makanan

Archer Daniels Midland (ADM), Bunge, Cargill, dan Louis Dreyfus, yang produknya banyak ditampilkan di piring makan secara global. “ABCD” adalah pedagang komoditas pangan yang dominan, dan khususnya biji-bijian. Ditengah masalah pasokan makanan global, mereka menjadi perantara rantai pasokan dalam membantu pasokan makanan mengalir ke tempat yang dibutuhkan. Mereka membantu negara-negara menemukan sumber gandum alternatif dalam menghadapi gangguan pasokan dari Ukraina dan Rusia.

References :

https://www.bbc.com/news/business-62634983