BIC

DOMPET DIGITAL

DOMPET DIGITAL

Pandemi virus corona membawa banyak perubahan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu yang berubah adalah cara pembayaran. Seiring dengan adanya perkembangan teknologi digital dan terjadinya wabah virus corona, banyak pembayaran dilakukan secara non tunai. Tak hanya online shop, namun juga offline shop kini menggunakan dompet digital. Banyak toko yang mendukung cashless dikarenakan pembayaran dengan uang tunai memperbesar peluang penyebaran virus corona. Hal ini juga merupakan anjuran langsung dari pemerintah Indonesia untuk menekan penyebaran kasus virus corona. Faktanya, 62% dari masyarakat Indonesia lebih menyukai transaksi digital dibanding konvensional atau menggunakan uang fisik. Apakah kalian mengenal atau bahkan sering melakukan pembayaran menggunakan aplikasi OVO, gopay, atau dana? Aplikasi tersebut membantu pembayaran non tunai yang sering disebut dengan dompet digital. Dompet digital merupakan aplikasi penyedia uang elektronik yang sistem penggunaannya serupa dengan dompet yang sering kita bawa bepergian.

Dengan adanya dompet digital, pembayaran dapat dilakukan secara lebih mudah, cepat, flexible, dan aman. Hal ini dikarenakan pengguna hanya perlu melakukan scan di QRIS yang tersedia lalu melakukan pembayaran dan tentunya nominal uang yang harus dibayar pasti sesuai sehingga tidak perlu menunggu uang kembalian atau mencari uang receh. Pembayaran non tunai juga membantu penjual agar tidak tertipu dengan uang palsu. Selain itu, terdapat fitur untuk melihat riwayat transaksi sehingga baik penjual maupun pembeli dapat melihat dan mengelola setiap rupiah yang masuk dan keluar dari akun mereka dengan mudah. Tak jarang pula aplikasi dompet digital menawarkan promo-promo kepada penggunanya terutama apabila akun pengguna sering melakukan transaksi.

References:

https://money.kompas.com/read/2022/07/21/203000626/ini-5-dompet-digital-yang-paling-banyak-dipakai-warga-ri-siapa-juaranya-?page=all

http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/MONETER/article/view/5827/3102