BIC

Top 10 Komoditas Ekspor dari Sektor Pertanian dan Perkebunan Indonesia

Memiliki kekayaan alam yang berlimpah mulai dari hasil laut sampai pertanian. keunikan alam Indonesia pun membuat negara ini memiliki komoditi yang unik dan berlimpah. Tanahnya yang subur membuat apa saja yang ditanam di Indonesia memiliki kualitas yang baik akhirnya banyak hasil pertanian bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri dan luar negeri dengan pengekspor nya.

Inilah 10 komoditas ekspor andalan Indonesia dari sektor pertanian dan perkebunan 

  1. Kelapa Sawit
    Peringkat pertama dan menjadi andalan ekspor Indonesia selama bertahun-tahun adalah kelapa sawit. Hampir sebagian besar produksi Kelapa Sawit Indonesia ditujukan untuk ekspor. Tren ekspor minyak kelapa sawit pun terus meningkat. Sudah ratusan triliun Rupiah dihasilkan dan dinikmati dari ekspor minyak kelapa sawit. Pasar ekspor minyak kelapa sawit terbesar pun berasal dari negara Tiongkok, Eropa, India, Afrika dan Pakistan.

  2. Kakao
    Komoditi ekspor andalan Indonesia lainnya adalah Kakao dan produk turunannya. Tiap tahunnya produksi dan ekspor kakao Indonesia terus meningkat. Dimasa pandemi pun, ekspor Kakao Indonesia masih bisa menyumbang devisa negara. Pasalnya, sepanjang Januari sampai Juni tahun 2020 ekspor produk olahan mencapai 549 juta US Dollar.

  3. Kopi
    Kopi sudah dikenal sejak lama sebagai komoditi unggulan dari Indonesia. Berbagai macam jenis kopi khas dari Indonesia kini sudah diseruput di berbagai negara. Sampai saat ini pun kinerja ekspor kopi Indonesia masih menunjukkan tren yang positif. Di periode awal tahun 2020 ekspor kopi Indonesia mengalami surplus sebanyak 560 juta  US Dollar. Pasar ekspor kopi Indonesia berada di negara ASEAN, Jepang sampai Eropa.
  4. Kelapa
    Sebagai negara kepulauan yang memiliki garis pantai yang panjang kelapa sangat mudah ditemukan di Indonesia. Produksi kelapa Indonesia pun sangat melimpah. Bukan hanya itu ekspor kelapa Indonesia dan produk turunannya juga terhitung cukup tinggi. Ekspor kelapa pun menjadi penyumbang devisa terbesar ke-4 Indonesia.
  5.  Lada
    Indonesia juga berhasil menguasai pasar rempah dengan julukan King of Sipce. Salah satu lada produksi Indonesia yang terkenal luas di dunia adalah lada putih montok. Selain itu, untuk lada hitam, Indonesia mempunyai Lampung Black Pepper sebagai andalannya. Lada Indonesia telah diekspor ke berbagai negara mulai dari Vietnam, Tiongkok, India, Jerman hingga Amerika Serikat.

  6. Vanili
    Produksi vanili di Indonesia termasuk besar bahkan Indonesia termasuk produsen vanili terbesar di dunia. Selain itu Indonesia juga merupakan pengekspor vanili dengan jumlah besar. Pada periode 2015-2019 ekspor vanili dan produk turunannya terus meningkat. Hal tersebut membuat Indonesia menjadi bank ekspor produk vanili yang di terbesar ketiga di dunia setelah Madagaskar dan Perancis.

  7. Karet
    Indonesia merupakan salah satu negara produsen karet alam terbesar di dunia. Selain itu ekspor karet alam Indonesia pun juga tergolong besar. Selama 5 tahun terakhir ekspor karet alam Indonesia terus mengalami peningkatan bahkan di tengah pandemi covid 19.

    Salah satunya adalah ekspor karet dari Sumatera Utara yang mana mengalami peningkatan sebesar 5,66% di tahun 2020

  8. Biji Pala
    Rempah Indonesia bisa dikatakan sebagai komoditi andalan. Namun, salah satu rempah yang menjadi andalan adalah biji pala. Pala dari Indonesia memiliki nilai yang tinggi di mata dunia karena aromanya yang khas dengan rendemen minyak yang tinggi. Nilai ekspor pala dikatakan cenderung meningkat selama 30 tahun. Di tahun 2018, volume ekspor pala Indonesia mencapai 20.202 ton dengan nilai 111,609 juta US Dollar. Indonesia pun menjadi pengekspor pala terbesar tahun 2020 berdasarkan data dari Tridge.com.

  9. Kacang Mete
    Komoditi kacang-kacangan yang bergizi tinggi ini juga merupakan komoditi andalan Indonesia. Pasalnya nilai ekspor kacang mete di Indonesia mencapai 38,3 juta US Dolar pada tahun 2018 dengan volume sebanyak 71.644 ton. Volume ekspor tersebut pun adalah hampir separuh dari total produksi kacang mete Indonesia. Komoditi kacang mete Indonesia ini pun tembus hingga ke India, Amerika Serikat, hingga ke negara-negara Eropa.
  10. Teh
    Sebagai minuman yang paling populer di dunia, teh Indonesia ternyata cukup diminati oleh dunia. Terbukti dengan banyaknya ekspor yang dilakukan Indonesia terhadap komoditi ini. Salah satu contohnya adalah baru-baru ini Indonesia telah mengekspor 176 Ton ke Amerika Serikat untuk persediaan franchise kedai kopi Starbucks. Ekspor tersebut pun merupakan ekspor perdana tahun 2021 ke Seattle, Amerika Serikat yang dilakukan oleh PTPN III. Selain Amerika Serikat, negara lain yang sering melakukan impor teh dari Indonesia adalah Malaysia, Jepang, Pakistan, Jerman, Rusia dan Inggris. 

Nah, itulah list top 10 komoditas ekspor andalan Indonesia dari sektor pertanian dan perkebunan.

 

 

Watch more at: https://www.youtube.com/watch?v=G5RP-iHdJkk