BIC

Kenapa sih Indomaret sama Alfamart Letaknya Sering Bersebelahan?

Sumber: KoalaHero.com

Halo Partner Muda! Kalian pasti pernah belanja di mini market kan?  Alfamart dan Indomaret adalah mini market terbesar di Indonesia. Tapi, kalian sadar ga sih, terkadang letak gerai Indomaret dan Alfamart ini pasti berdekatan bahkan bersebelahan atau berseberangan. Nah, kira-kira kenapa ya? Biar ga penasaran lagi, ini dia 5 alasannya.

Terdapat 5 alasan mengapa lokasi keduanya saling berdekatan:

  1. Adu Persaingan
    Ibarat sebuah pertandingan sepakbola antara Barcelona dan Real Madrid, Indomaret dan Alfamart saling menunjukkan taringnya untuk memenangkan hati konsumen. Lokasi keduanya yang berdekatan menunjukkan bahwa persaingan antar keduanya memang cukup ketat, tidak ada yang mau kalah. Dan masing-masing ingin menunjukkan eksistensinya.
  2. Membidik Pasar yang Lebih Luas
    Hal ini tentu saja menjadi strategi marketing yang diluncurkan oleh keduanya. Walaupun pasar yang mereka jangkau adalah pasar yang sama dan di wilayah yang sama. Karena dimana ada pembeli disitu ada penjual dan tentu saja hal ini tidak dilewatkan oleh Indomaret maupun Alfamart.
  3. Pasar Bisnis Retail Sangat Besar
    Bisnis retail memang menjanjikan pasar yang tidak ada habisnya, seperti kebutuhan masyarakat sehari-hari berupa makanan, minuman, produk kebersihan, dsb yang memang jarang mengalami penyusutan. Hal itulah yang membuat keduanya tidak takut bersaing meskipun berada di tempat yang sama.
  4. Makin Banyak Gerai, Makin Untung!
    Baik Indomaret maupun Alfamart memiliki target penambahan gerai yang besar yang dilakukannya untuk menambah keuntunggan perusahaan. Keduanya seakan melakukan marathon dalam pembukaan gerai. Tidak peduli apakah gerai baru tersebut berdekatan dengan pesaingnya.
  5. Keduanya Punya Keunggulan Masing-Masing
    Baik Indomaret maupun Alfamart, keduanya percaya bahwa masing-masing memiliki keunggulan dari kompetitornya. Maka, tidak jarang masing-masing toko memiliki promo yang berbeda pada item yang juga berbeda. Hal ini tentu menjadi daya tarik sendiri kepada konsumen dalam hal pengambilan keputusan akan membeli kebutuhan dimana.

Hotelling Theory (Stability In Competition)

Fenomena ini pernah dijabarkan oleh Harold Hotteling, yang dikenal sebagai Teori Hotelling. Teori ini menjelaskan bahwa, produsen dalam memilih lokasi akan berperilaku untuk menguasai pasar seluas-luasnya.

Pemilihan lokasi dipengaruhi oleh dua faktor:

  • Perilaku konsumen.
  • Keputusan berlokasi produsen lainnya.

Jadi, inilah yang menggambarkan persaingan antara Indomaret dan Alfamart yang lokasinya selalu berdekatan. Mereka tidak mau kalah satu sama lain, membidik pasar yang sama, menjual barang yang sama, bahwasanya mereka percaya punya sesuatu yang lebih baik dibanding kompetitornya.

Watch more: https://www.youtube.com/watch?v=YRHh6igWdAU