Tim Jam Buddies BGDC Melakukan Debut Pertamanya dengan Mengikuti Brackeys Game Jam 2022.1

Game jam merupakan acara mengembangkan video game baru dalam kurun waktu tertentu dengan tema yang telah ditentukan. Game jams giat diikuti oleh para game developer, baik profesional maupun pemula yang sekedar mencoba-coba. Para game developer ini mengikuti game jam dengan berbagai alasan: memenangkan hadiah, mendapatkan portofolio, mengetes kemampuan diri, ataupun sekedar mencari tantangan.

Binus Game Development Club (BGDC), sebagai klub yang berfokus dalam game development, pun ikut serta dalam berbagai acara game jams. Untuk memfasilitasi hal tersebut, BGDC membuat sebuah program baru, yaitu Jam Buddies. Jam Buddies merupakan program pelatihan game jam bagi anggota UKM BGDC yang tertarik dan berkomitmen untuk mengikuti game jams.

Batch pertama dari Jam Buddies telah dimulai sejak awal Januari 2022. Setiap individu yang mengikuti Jam Buddies dibagi ke dalam beberapa tim yang berbeda sesuai dengan role masing-masing. Saat ini, terdapat empat role dalam kriteria Jam Buddies, yaitu Game Designer, Game Programmer, Artist, dan Sound Engineer. Setiap tim minimal harus terdiri dari masing-masing satu role tersebut. Jam Buddies berhasil membentuk tiga tim pada batch pertama ini. Ketiga tim tersebut kemudian menjalankan pelatihan selama satu bulan.

Pelatihan Jam Buddies dilakukan dengan menempatkan setiap tim dalam kondisi seperti ketika game jam. Setiap tim diberikan tema tertentu dan diminta untuk mengembangkan sebuah video game dalam waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Panitia juga senantiasa berkeliling dan mengecek progress dari setiap tim secara berkala, serta memberikan tips maupun saran kepada anggota-anggota tim.

Jam Buddies batch pertama ini dibentuk untuk mewakili BGDC dalam Brackeys Game Jam 2022.1. Brackeys Game Jam kali ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Februari 2022 hingga 27 Februari 2022, sehingga terdapat waktu satu minggu untuk pengerjaan. Dengan partisipan mencapai lebih dari 1.600 tim, game jam ini mengambil tema “It Is Not Real”. Ketiga tim dari Jam Buddies batch pertama telah berhasil mengembangkan tiga game berbeda untuk Brackeys Game Jam 2022.1 tersebut.

 

Tim Nameless Games, berhasil mengembangkan game berjudul “Phantom Waltz” yang berhasil mendapatkan peringkat 395 secara keseluruhan. Adapun tim ini beranggotakan:

  1. Sean Matthew (game programmer dan designer)
  2. Dheanandri (2D artist dan game designer)
  3. Christopher Gerardito M.P. (sound engineer dan game designer)
  4. Christopher Vincent W. (sound engineer dan game designer)

Tim Burger Dining Corner, berhasil mengembangkan game berjudul “Ruins of Schecnavian” yang berhasil mendapatkan peringkat 93 secara keseluruhan. Adapun tim ini beranggotakan:

  1. Roger Gilbert Fernandi (game designer)
  2. Kensi Chandrawan (game programmer dan designer)
  3. Angeline Cecilia (2D artist)
  4. Wilson Nathaniel (game programmer)
  5. Wilson Allan Wijaya (sound engineer dan game programmer)

Tim People In Chaos, berhasil mengembangkan game berjudul “Work Less, Play More” yang berhasil mendapatkan peringkat 47 secara keseluruhan. Adapun tim ini beranggotakan:

  1. Derian Ardenichson (game programmer dan designer)
  2. Ferry (2D artist)
  3. Lauretta Gail Rosalind Wijaya (sound engineer)
  4. Sebastian Putra Cahyadi (sound engineer)

Derian Ardenichson