Webinar Bifest 2023: How to Tell a Compelling Story in Your Game

Pada saat ingin membuat game yang berbasis cerita, pastinya penting bagi kita untuk mengetahui cara menulis dan menjaga agar cerita tetap menarik bagi para pemain. Oleh karena itu, BGDC mengadakan webinar pada tanggal 17 Mei 2023 yang berfokus pada story telling di game.

Di webinar ini, peserta dapat mempelajari cara menulis cerita di game bersama Kak Wiartha Ardi Sutra, Lead Narrative Designer dari Extra Life Entertainment. Kak Wiartha, atau lebih akrab dipanggil sebagai Kak Wita, merupakan orang yang berpengalaman dalam dunia storytelling. Beliau telah membuat cerita – cerita di game seperti Stellagale: The Trials Of Faith dan One Last Journey.

Dalam webinar ini, peserta mendapatkan banyak ilmu seputar storytelling. Seperti konsep ‘LOCK’ (L: Lead worth to follow, O: Objective, C: Confrontation, K: Knock out ending) yang terbukti bekerja dalam beberapa contoh kasus, hingga Foundation of Conflict. Peserta juga diajak untuk melakukan studi kasus pada salah satu film Disney, yaitu ‘COCO’. Tidak lupa juga, dalam sesi Q&A peserta bertanya seputar world building, karakter, konsistensi cerita, dan juga melakukan studi kasus terhadap cerita-cerita yang ada di game lain, seperti game ‘Balan Wonderland’.

Adapun beberapa dokumentasi yang berhasil kami ambil dalam event ini:

Begitulah keseruan yang kami rasakan dalam webinar Bifest 2023 ini. Tentunya, peserta juga mendapat banyak ilmu berharga mengenai storytelling dalam sesi kali ini. Semoga webinar Bifest 2023 ini dapat menjadi pengalaman berharga dan bermanfaat bagi kita semua.

Akhir kata, kami panitia webinar BGDC ingin mengucapkan terima kasih kepada kak Wita karena telah meluangkan waktunya untuk mengisi webinar Bifest kali ini. Kami juga ingin berterima kasih kepada keaktifan para peserta yang turut serta ikut meramaikan webinar Bifest ini. Sampai jumpa di event BGDC selanjutnya! 👋👋

Tim Publikasi Webinar BIFEST 2023