Artikel BGDJAM 2022

Pandemi Covid-19 sudah mulai mereda, akan tetapi rutinitas tentu belum dapat dilaksanakan secara tatap muka. Banyak game developer masih melakukan kegiatan mereka dari rumah masing-masing sehingga terdapat banyak waktu luang. Dengan waktu luang tersebut, para game developer memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan pengembangan game mereka.

Secara kebetulan, Unit Kegiatan Mahasiswa BGDC (Binus Game Development Club) saat itu sedang mengadakan acara BGDJam yang merupakan sarana bagi para game developer untuk berkarya menciptakan suatu gim sesuai dengan tema unik yang telah ditentukan. BGDJam adalah acara kompetisi pengembangan game berbasis tema terpilih yang bisa dihadiri secara individu maupun kelompok dengan tenggat waktu 3 hari.

Acara BGDJam ini telah membuka pendaftaran pada tanggal 21 September 2022 sampai 17 Oktober 2022 dan dibuka untuk umum. Dalam BGDJam ini membawakan 3 juri diantaranya:

  1. Adam Ardisasmita, adalah CEO dari Arsanesia. Arsanesia adalah sebuah perusahaan game mobile Indonesia yang dibentuk pada tahun 2011. Dalam karirnya, beliau telah membuat beberapa game seperti Si Juki: Warteg Mania, Summer Town, dan lain-lain. Selain sebagai CEO Arsanesia, beliau juga menjabat sebagai CEO Realitychain.io dan Wakil Presiden Asosiasi Game Indonesia (AGI). 
  2. Aji Priandaka, adalah seorang komposer berasal dari Bandung, Indonesia. Beliau telah membawakan berbagai macam musisi dari orkestra hingga ansambel tradisional Indonesia. Karya-karyanya antara lain adalah soundtrack untuk Azure Saga – Pathfinder, Chill Out! Zombies, Vimala Defense Warlords, Heroes Unite!, Animal Pirates, Give A Dam!, dan AMAGO – Amazing Animals of The Archipelago. Selain membuat soundtrack,  beliau juga telah melakukan konser musik dan konser, seperti Mahagita Nusantara dan Fivelive Magnificent.

Arnold Louis Arthono Ricia, adalah Lead 3D Character Artist dari Igrasil Studio. Nah, Igrasil Studio telah membuat beberapa gim lho, yaitu Bloody Chronicles dan War of Ashird. Selain itu, beliau juga menciptakan model karakter 3D original untuk showcase maupun komisi.

Para juri tersebut menilai gim-gim yang telah dibuat berdasarkan kriteria yang telah ditentukan para panitia yaitu:

    • Gameplay : No bug, balanced, intuitive, engaging

 

  • Graphics: UI, Appeal
  • Sounds: BGM/Ambience, SFX
  • Innovation: Originality, Fit the theme

 

Tema BGDJam ini menggunakan sistem undian dari beberapa tema yang telah disediakan yaitu: Choose a path, Wandering blindly, Staring into the void, Just as you expect, You are powerless, Last life, Bipolar, Stuck, Hanging by a thread, dan Everything gone wrong. Dan dari hasil pengundian tersebut tema yang terpilih yaitu Choose a path.

Acara BGDJam ini dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Oktober 2022 dengan total durasi pengerjaan yang diberikan BGDJam selama 72 Jam dan dikumpulkan lewat itch.io .

Acara BGDjam ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya :

  • 19 Oktober 2022 – Technical meeting
  • 21 Oktober 2022 – Memulai acara
  • 23 Oktober 2022 – Batas pengumpulan 
  • 28 Agustus 2022 – Publikasi gim
  • 5 November 2022 – Penutup dan pengumuman pemenang lewat sesi live di Zoom.

Di akhir lomba BGDJam ini, pemenangnya dibagi menjadi 2 jenis pemenang yaitu: gim terfavorit dan pemenang keseluruhan yang dibagi lagi menjadi 3 kejuaraan yang terdiri dari juara 3, 2, dan 1. 

Untuk pemenang favorit dimenangkan oleh tim ‘Turtike’ dengan gimnya “going to my friend’s house” yang meraih like di Instagram sebanyak 363 likes.

Berikut ini juara keseluruhan dari lomba BGDjam

  • Juara ketiga,

Dimenangkan oleh tim Weewoo dengan gimnya, Stranded Oyen.
Dengan perolehan nilai 1471. Gimnya dapat diunduh di https://weewoo2636.itch.io/stranded-oyen.

  • Juara kedua,

Dimenangkan oleh tim Aides Aigepty dengan gimnya, PATH.
Dengan perolehan nilai 1567,5. Gimnya dapat diunduh di https://mfproject.itch.io/binus.

  • Juara pertama,

Dimenangkan oleh tim Open Source 100 dengan gimnya, Slice and Dice.
Dengan perolehan nilai 1637. Gimnya dapat diunduh di https://alijaya.itch.io/slice-and-dice.

Di bawah ini merupakan hasil dokumentasi selama acara berlangsung.

Juara favorit

Juara 3

Juara 2

Juara 1


Akhir kata, kami dari segenap panitia BGDJam ingin mengucapkan selamat kepada pemenang dan ingin berterima kasih kepada para peserta yang ikut berpartisipasi. Bagi yang belum memenangkan lomba BGDJam
ini jangan menyerah, jadikanlah kesempatan ini untuk menjadi penyemangat di acara selanjutnya.