Jam Buddies: Brackeys Game Jam 2022.2

Source: https://itch.io/jam/brackeys-8

Jam Buddies, program dari Binus Game Development Club (BGDC) dimana anggotanya merupakan anggota-anggota BGDC yang berminat dan berkomitmen untuk mengikuti game jams. Game jams merupakan perlombaan untuk membuat sebuah game dalam durasi tertentu yang singkat dan dengan tema yang ditentukan. Dan untuk kali ini, Jam Buddies berpartisipasi dalam Brackeys Game Jam 2022.2.

Brackeys Game Jam adalah game jam yang diselenggarakan oleh channel YouTube, Brackeys (https://www.youtube.com/c/Brackeys). Channel yang berisi konten tutorial game development, terutama menggunakan Unity, ini kerap menyelenggarakan Brackeys Game Jam sebanyak 2 kali dalam setahun. Sesuai namanya, Brackeys Game Jam 2022.2 adalah Brackeys Game Jam ke-2 untuk tahun 2022 ini. Brackeys Game Jams biasa dilaksanakan dalam kurun waktu 1 minggu atau 7 hari dengan tema yang ditentukan melalui voting. Untuk game jam kali ini, tema yang terpilih adalah “You’re not alone”.

Source: https://itch.io/jam/brackeys-8

Dalam Brackeys Game Jam 2022.2 ini, Jam Buddies diwakilkan oleh sebuah kelompok saja, Tim People In Chaos (PIC). Tim People In Chaos membuat game yang berjudul Interstellar Janitor. Interstellar Janitor menginterpretasikan tema “You’re not alone” dengan membuat seakan-akan pemain adalah seorang petugas kebersihan dan satu-satunya makhluk hidup yang ada dalam kapal luar angkasa. Namun pada kenyataannya, pemain dikelilingi oleh banyak alien yang menyembunyikan diri dengan berubah menjadi benda-benda di dalam kapal itu. Menjadi tugas bagi pemain untuk menemukan kejanggalan di dalam kapal tersebut dan membunuh semua alien yang bersembunyi agar para kru kapal luar angkasa tersebut tidak mengalami masalah dalam misi mereka. Kalian dapat melihat selengkapnya dan memainkan Interstellar Janitor melalui https://bgdc.itch.io/interstellar-janitor .

Source: https://bgdc.itch.io/interstellar-janitor

Source: https://bgdc.itch.io/interstellar-janitor

Pada akhir Brackeys Game Jam 2022.2, game Interstellar Janitor berhasil meraih peringkat 210 secara keseluruhan. Interstellar Janitor juga meraih peringkat 158 dalam kriteria penilaian “theme” atau tema. Adapun Tim People In Chaos kali ini beranggotakan:

  1. Derian Ardenichson (game programmer dan designer)
  2. Ferry (2D artist)
  3. Lauretta Gail Rosalind Wijaya (sound engineer)
  4. Sebastian Putra Cahyadi (sound engineer)
  5. Arkannabil Pratama (game designer dan sound engineer)

Source: https://itch.io/jam/brackeys-8/rate/1679306

Kerja bagus dan game yang luar biasa dari seluruh tim yang bepartisipasi dalam Jam Buddies kali ini. Bagi kalian yang ingin mencoba memainkan game karya Jam Buddies sebelumnya atau game-game karya BGDC lainnya, kalian dapat mengakses dan memainkan langsung melalui link https://bgdc.itch.io .

Derian Ardenichson