Turn-Based Adventure Game Bernuansa JRPG, Azure Saga: Pathfinder

Sumber: https://store.steampowered.com/app/672590/Azure_Saga_Pathfinder/

 

Azure  Saga: Pathfinder merupakan gim bergenre Adventure, Rpg, Turn-Based, dan Strategy produksi perusahaan gim terkenal asal Bandung, Jawa barat, Indonesia MassHive Media  yang rilis diawal tahun 2018. Gim ini merupakan salah satu gim yang masuk kedalam bundle spesial dari steam bertajuk “Indienesia Bundle – Games Made in Indonesia”. Gim ini merupakan gim singleplayer dimana kita mengikuti perjalanan dari sang karakter utama, Synch dalam perjalanan mencari ayahnya. Gim ini sendiri dibuka dengan sebuah cutscene yang memiliki design gambar yang unik, dimana Synch dikejar oleh sekelompok orang sehingga membuatnya terdampar di planet tak dikenal.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Kontrol utama dari gim ini hampir seluruhnya dibuat berdasarkan konsol dan kontrol di keyboard secara garis besar merupakan hasil shortcut kontrol konsol pada keyboard. Hal ini menyebabkan kontrol pada keyboard yang kurang enak dan membutuhkan konsol untuk dapat mempermudah kontrol karakter. Bagian pengaturan pada gim ini juga dirasa kurang dikarenakan pilihan pengaturan yang sangat sedikit, terutama dibagian pengaturan suara yang tidak dapat diukur kekencangannya dan hanya dapat dinyalakan atau dimatikan semata.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Menurut saya, gim ini dapat dibagi menjadi dua bagian secara gameplay experience. Bagian pertama yaitu eksplorasi dari planet-planet, dimana kita mengendalikan Synch keliling seluruh bagian dari dunia yang disediakan. Artstyle yang menarik dan musik background yang bagus membuat pemain dapat dengan santai mengeksplorasi dunia yang disediakan. Namun, sistem random encounter, yaitu sistem dimana secara acak ketika sedang berjalan pemain dapat bertemu dengan musuh dan langsung masuk sesi bertarung di gim ini yang membuat beberapa bagian sedikit menyebalkan untuk dilalui, terutama bagian-bagian yang merupakan puzzle unik. Puzzle yang sebenarnya seru tersebut diganggu oleh random encounter yang lama kelamaan menjadi menganggu.

Sumber: Dokumentasi Penulis

Bagian kedua yaitu pertempuran, pemain dapat bertemu dengan musuh baik melalui random encounter ataupun merupakan bagian dari cerita utama menempatkan pemain mengontrol tiga karakter utama dengan beberapa karakter cadangan. Sistem pertempuran turn-based yang dianut gim ini membuat pemain memiliki waktu untuk membuat sebuah strategi ketika bertarung. Ditambahkan dengan skill unite, fitur dimana apabila ketiga karakter kita menyerang musuh yang sama menggunakan kombinasi skill unik akan menghasilkan sebuah skill baru yang lebih kuat membuat pertempuran terasa lebih immerse dan menyenangkan. Ada juga sistem substitute, yaitu sistem dimana pemain bisa mengganti salah satu dari ketiga karakter utama dengan karakter lain di party cadangannya. Hal ini mungkin diimplementasikan sebagai salah satu cara mengatasi “Kebocoran Mana” dalam gim ini, dimana setiap setelah pertarungan selesai mana setiap karakter tidak akan berubah kecuali beristirahat di inn atau menggunakan mana potion.

https://store.steampowered.com/app/672590/Azure_Saga_Pathfinder/

Secara keseluruhan, menurut saya gim ini kurang cocok untuk pemain yang baru ingin mencoba di dunia turn-based rpg dikarenakan tingkat kesulitan dan kurva penguasaan gim yang cukup tinggi. Namun, gim ini disarankan untuk pemain yang ingin mencari tantangan di tingkat menengah. Untuk saat ini Azure Saga: Pathfinder sudah tersedia di Steam & Nintendo Switch

Albert Lucky