BGDC Online Workshop : PRESS START – DIY : Music Composing in Video Games

Dalam masa pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat orang-orang diharuskan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dari rumah, yang akhirnya menghambat kegiatan kita di luar rumah. Namun, hal tersebut tidak menghambat semangat para sound engineer dan orang – orang yang tertarik dengan music composing untuk terus belajar dan mengembangkan bakat yang mereka miliki.

read more

Pada kesempatan kali ini, UKM BGDC (Binus Game Development Club) ingin membuka gerbang kepada orang-orang yang tertarik dengan music composing dengan mengadakan kegiatan Online Workshop dengan tema DIY :Music Composing in Video Games. Dalam Online Workshop ini, kita akan sama-sama belajar tentang music composing dengan pembimbing yang sudah berpengalaman.

Acara Online Workshop ini telah membuka pendaftaran pada tanggal 12 November 2021 sampai 1 Desember 2021. Jumlah partisipan yang ikut sebanyak 64 orang. Dalam Online Workshop ini, kami mengundang pembimbing yaitu Masdito Bachtiar atau yang biasa dipanggil Ittou. Dia adalah seorang composer, SFX Designer, dan Audio Engineer di Mojiken Studio. Melalui karya-karyanya, Ittou berhasil meraih berbagai penghargaan seperti Best Audio di [IN.Game] 2015, Best Audio di Taipei Game Show 2020, dan Best Music & Sound di Valencia Indie Award 2021.

Acara ini diselenggarakan selama tiga hari mulai dari 3 Desember 2021 sampai 5 Desember 2021. Acara ini berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 WIB melalui Zoom Meetings. Pada workshop ini, aplikasi yang digunakan adalah Cakewalk by Bandlab dan Reaper by Cockos.

Pada hari pertama, kita belajar tentang Basic Composing Music Game yaitu membuat sound design documentsederhana, gear yang dibutuhkan untuk composing, pengenalan DAW, pengenalan VST, praktik memakai DAW Cakewalk dan membuat composing sederhana.

Pada hari kedua, kita belajar tentang Composing Music Game Part 2 yaitu tentang teori dasar musik seperti tangga nada, chord dan birama. Kita juga belajar tentang menerjemahkan brief menjadi komposisi dan praktik komposisi menggunakan acuan visual.

Pada hari ketiga, kita belajar tentang Sound Design yaitu pengenalan Sound Design pada game dan juga praktik Sound Design menggunakan DAW Reaper.

Berikut adalah dokumentasi yang kita lakukan selama acara berlangsung.

Akhir kata, kami dari panitia workshop mengucapkan terima kasih kepada para partisipan yang telah mendaftarkan diri dan hadir dalam workshop BGDC kali ini. Sampai jumpa di workshop maupun acara dari BGDC selanjutnya.