Resident Evil 1.5 – Versi Beta dari Resident Evil 2 (Part 1)

(Bagian pertama dari artikel dua bagian oleh Audie, BGDC 2021, yang membahas Resident Evil 1.5. Di bagian pertama ini, kita membahas bagaimana proses beta merupakan bagian penting dari pembuatan seri Resident Evil, pengenalan Resident Evil 1.5, dan mengapa Capcom membatalkan perilisannya.)

Intro – Bagaimana Resident Evil Sudah Terbiasa dengan VersiPrototype dan Beta

Level istana dari versi beta RE4 yang akan kemudian menjadi Devil May Cry.

Pada acara E3 yang diadakan pada bulan Juni yang lalu, Capcom merilis trailer dan gameplay footage untuk remake dari Resident Evil 2. Oleh karena itu, kami ingin membicarakan tentang versi beta dari Resident Evil 2 yang asli.

Seri game Resident Evil tidak asing dengan prototype game yang sangat berbeda dengan game yang akhirnya dirilis. Salah satu contohnya bisa dilihat pada game Resident Evil 4, yang bentuk prototype-nya diberi nama oleh fans Resident Evil 3.5. Dari 4 beta build yang telah fans anggap sebagai bagian dari Resident Evil 3.5, build yang pertama menjadi terkenal karena melahirkan seri Devil May Cry setelah dianggap tidak cocok oleh developer-nya dengan tema game Resident Evil sebelumnya.

Resident Evil 2 sering kali dianggap sebagai salah satu game terbaik dari seri Resident Evil. Game ini bercerita tentang Leon S. Kennedy dan Claire Redfield yang berusaha melarikan diri dari zombie outbreak yang melanda kota Raccoon City. Resident Evil 2 pertama kali dirilis pada tahun 1998 untuk Playstation dan dianggap oleh penggemarnya sebagai kemajuan yang besar dibandingkan dengan Resident Evil 1.

Kemajuan in ini tidak datang begitu saja. Setelah Resident Evil 1 selesai dikerjakan dan dirilis pada tahun 1996, Capcom mulai melakukan development untuk game yang akan menjadi lanjutannya. Satu versi yang dihasilkan pada masa ini akan menjadi terkenal sebagai versi beta dari Resident Evil 2. Versi beta ini dikenal sebagai Resident Evil 1.5.

Apa itu Resident Evil 1.5?

Leon dan Elza dari Resident Evil 1.5

Dari berbagai build dari yang dihasilkan pada development Resident Evil 2, versi build yang sering kita sebut sebagai Resident Evil 1.5 adalah versi build yang pertama kali dipertunjukkan ke dunia pada November 1996. Resident Evil 1.5 adalah bentuk original dan prototype tertua dari Resident Evil 2. Ada juga satu versi beta lain dari Resident Evil 2 yang dirilis ke publik sebagai bagian dari Resident Evil: Director’s Cut; akan tetapi, versi ini memiliki perbedaan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan RE1.5.

Versi beta yang sangat berbeda ini bisa kita lihat merupakan konsep awal Resident Evil 2. Cerita dari Resident Evil 1.5 masih mirip dengan cerita dari Resident Evil 2. RE1.5 bercerita tentang Leon Scott Kennedy – yang tidak terlalu berbeda dengan Leon yang muncul di Resident Evil 2 – dan Elza Walker – seorang mahasiswi – yang berusaha kabur dari Raccoon City yang sudah dilanda oleh zombie outbreak. Berbeda dengan cerita Leon dan Claire, cerita Leon dan dan cerita Elza tidak saling berhubungan antara satu dengan yang lain. Dengan dua cerita yang sedikit terpisah, Resident Evil 1.5 akan mengantarkan kita ke dua sudut pandang cerita yang berbeda: Leon dengan bumbu-bumbu kepolisian dan konspirasi yang menyertainya, dan Elza dengan sudut pandang warga sipil.

Bisa dikatakan, konsep RE.1.5 tidak berbeda jauh dengan Resident Evil 2, tetapi isi ceritanya banyak yang berbeda.

Mengapa RE1.5 Dibatalkan?

Dengan deadline yang sudah di depan mata di Maret 1997, Capcom entah kenapa kurang puas dengan Resident Evil 1.5 sejauh itu. Lalu, secara mendadak, Capcom memutuskan untuk memulai ulang development dari awal, dengan berbagai alasan diberikan ke publik. Salah satu alasan yang paling umum adalah Resident Evil 1.5 dianggap memiliki cerita yang tidak dapat menunjang keberadaan sekuel. Resident Evil 1.5 pun akhirnya mati, dan dikerjakan kembali untuk menjadi Resident Evil 2 yang kita tahu sekarang.

Baca bagian dua