Tutorial Assets: Pengertian Dasar Art Program

Dalam artikel ini saya akan menjelaskan hal yang paling utama dalam pembuatan asset yaitu pengertian program yang akan digunakan.

Untuk memudahkan tutorial ini, kita akan membuat assets untuk game 2D maka dari itu program yang digunakan merupakan art program seperti Photoshop, Paint Tool Sai, Gimp, Clip Studio Paint, dll.

Karena program Photoshop paling umum digunakan, maka tutorial ini akan menjelaskan basic dari penggunaan Adobe Photoshop. Pertama – tama, Adobe Photoshop hadir dalam berbagai versi seperti CC atau CS5 dsb. Dalam tutorial ini saya akan menggunakan versi CS6 tp tetap bisa diterapkan disetiap versi Photoshop.

read more

User Interface

Ada banyak button saat anda buka Photoshop tetapi, hanya beberapa yang akan kita fokuskan.

  1. Toolbar

Move tool

Shortcut = V | Untuk memindahkan objek

Tools untuk seleksi objek

Marquee tool (M), Lasso tool (L), dan Magic Wand Tool (W)
perbedaan selection berdasarkan tool.

Main Tools

Brush tool (B), Eraser tool (E), Bucket tool (G) (Jika di klik kanan akan muncul Gradient tool)
Brush tool untuk menggambar
Eraser tool untuk menghapus
Bucket fill tool dan gradient tool, untuk mengisi warna pada suatu objek atau seleksi

Pen Tool

Pen tool (P) dapat digunakan untuk membuat garis, seleksi, mengisi warna ,dan membuat bentuk

2. History panel

Photoshop hanya bisa undo sekali melalu ctrl + z, tetapi melalui panel/window history ini, kalian dapat meng-undo berulang kali dengan cara klik salah satu lalu klik button sampah yang terdapat di bawah panel/window atau ctrl + alt + z.

3. Layers

Saat membuat file baru, panel Layer akan otomatis membuat layer backgroud

Layers pada dasarnya adalah lapisan.

Lapisan dalam arti menggambar di beberapa area yang berbeda contoh seperti di atas dimana layer gambar pohon diatas layer gambar rubah yang diatas layer background
Dan jika diperhatikan, layer-layer tersebut membentuk sebuah gambar

Untuk membuat suatu layer sangatlah mudah. Ada 2 cara yaitu melalui shortcut ctrl+shift+N yang akan memunculkan window berikut lalu klik “OK”

Atau dengan mengklik button berikut yang ada di bagian bawah panel layer.

Diperhatikan lagi saat memulai gambar, jangan menggambar di layer Background sebab hal berikut dapat terjadi.

Ketika suatu bagian di background layer di select lalu click and drag untuk di cut, maka layer background akan menggantikan daerah seleksi sebelumnya menjadi warna background colour (contohnya background color yang saya pilih warna hitam)
Hal sama juga terjadi apabila menggunakan eraser tool

Pada dasarnya Background layer merupakan sebuah bidang, anggap saja sebuah kertas, ketika anda ingin memindahkan gambar dari kertas tersebut, anda harus memotong kertas tersebut, meninggal sebuah space yang kosong.

Demikian dari artikel tutorial ini, semoga membantu kalian yang ingin belajar membuat game assets 2D!