Mengenal Terapi Musik Klasik

Bagaimana Terapi Musik Bisa Mengatasi Masalah Otak?

Terapi musik merupakan jenis terapi yang memerlukan pengenalan lebih kepada dunia. Terapi musik yang banyak jenisnya memiliki tujuan yang sama seperti terapi pada umumnya, tetapi terdapat manfaat-manfaat tersendirinya. Selain untuk memberi pengaruh positif kepada suasana hati dan emosi seseorang, manfaat lain dapat berupa seperti membantu daya ingat, meningkatkan produktifitas, dll. Khususnya musik klasik, jenis terapi ini sudah diteliti dan telah digunakan di beberapa tempat sebagai solusi masalah.

Jenis terapi musik dapat berupa terapi musik aktif dan pasif. Terapi musik aktif adalah saat pasien pasien terlibat dalam aktifitas bermusik, seperti bernyanyi atau bermain alat musik. Sedangkan terapi musik pasif adalah saat pasien diajak mendengarkan musik sebelum menceritakan masalah/perasaan. Manfaat terapi musik dapat untuk kesehatan seseorang, meningkatkan aspek kecerdasan seperti daya ingat, konsentrasi, lalu dapat menghasilkan hormon kebahagiaan, serta mengembangkan kemampuan bersosialisasi.

Musik klasik adalah musik yang berasal dari Eropa pada zaman kuno. Sehingga terapi musik klasik adalah penggunaan musik klasik sebagai metode terapi seseorang untuk memperbaiki, mengembangkan mental, fisik, dan kesehatan emosi (Gusti, 2014). Terapi musik klasik dilakukan bisa dengan pasien mendengarkan musik, ikut bernyanyi, menari, atau menciptakan musik sendiri, sesuai jenis terapi musik yang telah disebutkan diatas. Menurut Nurseha (2012), musik klasik mampu menenangkan pikiran dan emosi seseorang karena menghasilkan gelombang alfa dan beda ke gendang telinga manusia yang membuat otak dalam kondisi relaksasi.

Salah satu contoh penggunaan terapi musik klasik adalah dalam penelitian Astuti dan Merdekawati (2016) mengenai pengaruh terapi musik klasik terhadap tingkat skala nyeri pasian setelah operasi. Dari penelitian tersebut, terdapat bahwa ada perbedaan signifikan antara nilai nyeri sebelum dan sesudah pasien diberi musik klasik. Hal ini membuktikan bahwa terapi musik klasik mampu memberi manfaat positif terhadap fisiologi pendengarnya, dan terbukti keefektivitas terapi musik klasik dalam bidang kesehatan. Sehingga terapi musik klasik lebih perlu dikenalkan kepada dunia agar kegunaan positifnya dapat lebih sering dimanfaatkan.

Sumber:

Ananditha, Putu (2022). Terapi Musik Sebagai Media Pengobatan. https://www.cxomedia.id/art-and-culture/20220102162737-24-173052/terapi-musik-sebagai-media-pengobatan 

Astuti & Merdekawati (2016). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Skala Nyeri Pasien Post Operasi. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=854244&val=13714&title=PENGARUH%20TERAPI%20MUSIK%20KLASIK%20TERHADAP%20PENURUNAN%20TINGKAT%20SKALA%20NYERI%20PASIEN%20POST%20OPERASI 

Praisella Augustiora Wang