Manfaat Musik Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Musik Bagi Kesehatan Manusia

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=gnfcS5Lfltk&ab_channel=StudentBINUS

Musik adalah sebuah elemen yang paling sering mengambil bagian dalam kehidupan manusia sehari-hari, baik dalam belajar, kegiatan sosial, perfilman, periklanan, dll. Musik mempunyai kekuatan yang dapat memicu berbagai macam emosi melalui indra pendengaran manusia, contohnya seperti amarah, kesedihan, ketenangan, ataupun bahagia. Artikel kali ini akan membahas lebih mengenai dampak musik untuk kesehatan, terutama pada kesehatan mental manusia.

Meningkatkan kinerja kognitif

Banyak riset mengindikasikan bahwa musik latar, ataupun musik yang dimainkan ketika pendengar sedang konsentrasi kepada tugas maupun kegiatan lain, dapat membantu kinerja ataupun produktivitas pendengar tersebut.

Mengurangi risiko stres

Dalam studi tentang korelasi musik dan stress yang dijalankan pada tahun 2013, dan dari eksperimen tersebut didapatkan kesimpulan bahwa mereka yang mendengarkan musik cenderung lebih cepat pulih dari stres. Maka itu, musik sering digunakan ketika meditasi ataupun ketika sedang melakukan kegiatan yang santai, karena melodi yang  tenang dapat membantu manusia menjadi lebih rileks.

Mengembalikan kemampuan berbicara

Music therapy” ataupun terapi musik biasanya sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang menderita stroke maupun gangguan dalam bagian otak kiri dimana bagian tersebut digunakan untuk mengatur kemampuan bicara seorang manusia.

Referensi:
https://www.merdeka.com/jabar/6-manfaat-musik-bagi-kesehatan-mental-jadikan-jiwa-anda-lebih-sehat-kln.html

#SalamBDM

Jennifer Elaine Darmawan