Serba-serbi Musik Klasik

Serba-serbi Musik Klasik

Musik merupakan citra yang diserap panca indera, lalu diubah sedemikian rupa menjadi sebuah ekspresi, terdiri dari gabungan melodi yang enak didengar dan ritme yang stabil. Singkatnya, musik adalah rasa juga selera yang memiliki makna budaya didalamnya. Berbicara mengenai musik, terdapat beberapa genre seperti: Jazz, Country, Rock, Pop, Balada, Blues, Reggae, Hip-hop, Klasik, dll. Namun yang akan dibahas pada artikel ini yaitu musik dengan genre klasik.

Musik klasik memiliki nilai seni yang cukup tinggi dengan karakteristik alunan melodi dan not yang indah untuk didengar bagi telinga. Akan tetapi bagi sejarah musik klasik sendiri, ia terbagi ke dalam beberapa era, yakni:

Era Medieval & Renaissance: era Medieval membawa kita ke dalam sebuah nyanyian yang disebut dengan plain song yang juga berkembang pada akhir abad-10. Sedangkan pada era Renaissance, tarian serta alat musik mulai muncul. Era ini juga membawa sebuah perubahan besar berupa kemunculan notasi musik pertama. 

Era Baroque, Klasik, & Romantis: di era Baroque inovasi musik berbentuk sonata yang banyak dibawakan oleh komposer J. S. Bach; sedangkan pada era Klasik, ia memiliki ciri khas yakni instrumen utama yaitu piano, musik yang berbentuk simfoni, dan munculnya acara konser yang dibawakan oleh komposer ternama seperti W. A. Mozart dan L. V. Beethoven; untuk era Romantis dimulai dengan peralihan musik klasik ke nuansa romantis (lebih emosional). Komposer yang berkontribusi di dalamnya ialah Frederic Chopin & Niccolo Paganini. 

Era Modern & Kontemporer: era ini dimulai pada abad-20 sampai tahun 1900 dst. Di era ini, banyak bermunculan komposer yang datang dari peralihan era romantis ke modern. Komposer yang paling dikenal dalam era ini adalah Arnold Schoenberg & Karlheinz Stockhausen. 

References 

Wiradiputra, A. (2018, April 2). Serba Serbi Musik dan Esensinya. Djarum Coklat. Retrieved September, 10 2022 from https://www.djarumcoklat.com/article/serba-serbi-musik-dan-esensinya 

Putri, V. K. M. (2021, Januari 24). Sejarah Musik Klasik. Kompas.com. Retrieved September, 10 2022 from https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/24/180735369/sejarah-musik-klasik?page=all

Prabandari, A. I. (2020, Mei 18). 10 Jenis-Jenis Musik Beserta Pengertiannya, dari Klasik hingga Dangdut. Merdeka.com. Retrieved September, 10 2022 from https://www.merdeka.com/jateng/10-jenis-jenis-musik-beserta-pengertiannya-dari-country-hingga-dangdut-kln.html

#SalamBDM

Syahel Khansadefi Maritza