Jenis Pickup Pada Gitar Elektrik

Jenis Pickup Pada Gitar Elektrik

Pickup merupakan sebuah perangkat di gitar elektrik yang berguna untuk menangkap suara dari getaran senar yang diubah menjadi sinyal elektrik sehingga bisa dibunyikan dengan penguat suara. Gitar elektrik sendiri memiliki beragam varian pickup yang masing-masing memiliki karakter berbeda. Seperti contohnya gitar dengan model Stratocaster terkenal dengan pickup single coil, sedangkan model seperti les paul sudah sangat identic dengan pickup humbuckernya. Tetapi selain itu masih ada beberapa jenis pickup lainnya, seperti p90, dan sustainiac yang akan saya bahas disini.

Single coil
Single coil merupakan salah satu pickup yang sering digunakan dalam gitar elektrik dimana memiliki ciri khas suara yang bright dan clear, tetapi kekurangannya adalah pickup single coil ini memiliki noise yang cukup besar walaupun ada beberapa single coil yang sudah memiliki noise cancelation. Biasanya suara single coil ini bisa kita dengar pada gitar jenis stratocaster dan telecaster sebagai contoh bisa mendengar lagu-lagu John Mayer yang identic dengan suara stratocasternya.

Humbucker
Humbucker secara singkatnya adalah gabungan dari 2 pickup single coil sehingga menghasilkan noise yang jauh lebih sedikit dibanding single coil. Pickup humbucker sendiri juga memiliki berbagai turunan seperti pickup PAF, dan filtertron. Karakter suara humbucker sendiri adalah suara yang warm, dan tebal sehingga banyak digunakan di musik-musik rock, sebagai referensi salah satu yang paling iconic adalah Slash dari Guns N’ Roses  yang identic dengan Gibson les paulnya.

P90
P90 disini bukanlah jenis senjata api melainkan jenis pickup gitar dimana secara komponen mirip dengan single coil tetapi memiliki gulungan kawat lebih dibanding single coil sehingga menghasilkan suara ditengah-tengah antara single coil dan humbucker, suara khas dari P90 sebagai referensi  bisa kalian dengar di lagu-lagunya band Barasuara.

Sustainiac
Sustainiac berbeda dengan pickup lainnya pickup ini dikembangkan oleh perusahaan maniac music, dimana pickup ini menghasilkan feedback suara secara langsung pada senar tanpa diproses, sehingga suara yang dihasilkan seperti endless, terus berkelanjutan. Salah satu gitaris ternama yang menggunakan pickup ini adalah Synyster Gates dari Avenged Sevenfold.

Jadi, itu adalah beberapa jenis pickup yang sering digunakan pada gitar elektrik, dimana semuanya memiliki keunikannya masing-masing, dan tidak terbatas bahwa jenis pickup a/b/c hanya untuk genre musik tertentu, karena semuanya tergantung dari selera orang yang menggunakannya.

Referensi

Nigam, P. (2021, January 6). Sustainiac Pickup Review (2022): In-Depth Breakdown and Thoughts. Retrieved from Harmonyvine.com: https://harmonyvine.com/sustainiac-pickup-review/#:~:text=Sustainiac%20is%20a%20sustainer%20device,operates%20directly%20on%20the%20strings.

Soundcorners. (2019, January 26). Tips Jitu Memilih Pickup Gitar. Retrieved from Soundcorners.com: https://soundcorners.com/tips-jitu-memilih-pickup-gitar/

#SalamBDM

Jeremy Kenneth