Bersama Dalam Musik 1.0 Concert – A Blast From The Past

 

Hi BDMers! Pada kesempatan ini, kami akan membahas mengenai musik yang sedang bergengsi di kalangan Binusian. Pada konser kali ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Bersama Dalam Musik Binus University atau yang kerap kali dikenal sebagai BDM telah menyelenggarakan event musik kemahasiswaan yang memberikan sebuah pertunjukkan konser bertemakan A Blast From The Past ini pada tanggal 14 Januari 2017 lalu pukul 19.00 sampai dengan 21.00 WIB, yang juga bertempat di Auditorium Lt. 4 Kampus Binus University Anggrek, Kemanggisan. Konser ini menampilkan kebolehannya dengan format musik ensemble serta orchestra pertama di Binus University. Sangat membanggakan, bukan?

Konser orkestra pertama yang dihadirkan oleh BDM ini membuat para penonton yang hadir di dalam konser tersebut merasa puas akan pertunjukkan yang semarak dan elegan. Bagaimana tidak, konser ini dihadiri sebanyak 500 penonton lebih yang terdiri atas semua kalangan secara internal maupun eksternal. Penuhnya ruangan auditorium membuat kami, para panitia penyelenggara merasa senang sekaligus bangga karena kesempatan untuk mengadakan konser ini adalah saat yang terbaik untuk memulai kenangan yang indah dalam mengadakan konser di kepengurusan BDM periode sebelumnya, yaitu 2016. Pada kesempatannya kali ini, BDM menghadirkan penampilan dari performer dari talent BDM sendiri untuk menampilkan bakatnya pada section vokal, brass, string, dan lain-lain. Tidak lupa juga, terdapat kehadiran dua sosok konduktur dari keseluruhan acara 1.0 Concert ini, yaitu King Napoli dan konduktor junior, Aulia Dhaneswara.

Pada konser ini, terdapat dua sesi selama acara berlangsung. Keseluruhan acara dipimpin oleh sang coach sekaligus conductor untuk konser ini yaitu King. Lagu-lagu yang ditampilkan terdiri atas Tanah Air, Medley dari Si Patokaan dan Ampar-Ampar Pisang, Yamko Rambe Yamko, Pernah Muda, Pink Panther, The Entertainer, Balonku, Burung Kakak Tua, Turkish March, Lavender’s Blue, Laskar Pelangi, dan masih banyak lagi. Performance konser ini pun ditutup oleh persembahan lagu dari Aulia Dhaneswara sebagai konduktor lagu Doraemon no Uta, serta menampilkan sebuah encore dari Medley: Party Rock Anthem & Gangnam Style.

Di dalam modern orchestra, terdapat alat musik yang dimainkan oleh para talent, yakni gitar, biola, cello, seruling, pianika, saxophone, trombone, klarinet, serta adanya partisipasi dari section vokal. Lagu-lagu yang dimainkan pun bernuansa nasionalis dan mencerminkan begitu banyak keberagaman dari masing-masing lagu yang dibawakan. Aransemen dari lagu-lagu ini dilakukan oleh konduktor junior acara 1.0 Concert, Aulia Dhaneswara, sehingga konser ini menjadi lebih berbeda karena letak aransemen yang dilakukannya.

Dari proses perjalanan BDM yang panjang ini, dahulu BDM pada tahun 2013 hanya merupakan sebuah komunitas pencinta musik yang terdiri atas mahasiswa-mahasiswa Binus University Alam Sutera. Mereka melihat bahwa kampus mereka memiliki suasana yang biasa saja sehingga mereka rindu untuk menghadirkan euphoria yang ramai dan berbeda dari biasanya, sehingga aktivitas-aktivitas yang dilakukan mulai timbul satu persatu dengan menunjukkan penampilan dari mahasiswa yang disebut sebagai Acoustic Session. Pada tahun 2014, BDM mulai merintis jejak dengan bertajuk Akustik serta Big Band yang akhirnya tercapai dan BDM resmi menjadi sebuah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pada tahun 2016. Hingga kini, BDM akan menetapkan konsep bermusiknya untuk menjadi modern orchestra pada tahun 2018.

Dengan diadakannya 1.0 Concert ini, BDM diharapkan dapat menggali potensi yang lebih besar lagi dan dapat menampilkan bakat dan performa yang besar dari sebelumnya. Semoga perjalanan BDM menuju impiannya dapat terwujud dengan baik. #salambdm!

Christafanny Widjaja