Alat Musik Nusantara yang Mendunia

Alat Musik Nusantara yang Mendunia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai ragam alat musik, mulai dari angklung, gamelan, hingga  kolintang. Hingga saat ini, beberapa alat musik tersebut mungkin sudah mulai dikalahkan popularitasnya oleh berbagai musik barat. Meskipun begitu, beberapa alat musik tradisional Nusantara ini sudah mendunia, loh! Berikut ini adalah 4 musik nusantara yang sudah mendunia:

1. Angklung

Alat musik tradisional dari Jawa Barat ini banyak diminati oleh orang-orang di ranah internasional. Alat musik yang terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara digoyangkan dengan tangan ini bahkan diakui oleh UNESCO dalam daftar Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity sebagai salah satu warisan budaya dunia. Beberapa penampilan angklung di ranah internasional yang berhasil memukau penikmat musik dari luar negeri diantaranya adalah konser berjudul ‘Pulau: The Angklung Concert’ yang diselenggarakan di Amerika Serikat, dan penampilan Saung Udjo, sanggar angklung dari Bandung yang menyelenggarakan konser di Teater Odeon, Paris.

2. Kolintang

Kolintang merupakan alat musik tradisional dari Sulawesi Utara yang terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Pada tahun 2009, Kolintang memecahkan rekor dunia karena permainan kolintang massal yang dilakukan oleh 3011 orang yang memainkan alat music bamboo dan 1223 orang memainkan kolintang. Penampilan yang sangat apik ini dilakukan di Stasion Maesa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

3. Gamelan

Musik tradisional yang terdiri dari berbagai macam alat musik seperti gong, kendang, bonang, saron, rebab, dan sebagainya ini merupakan salah satu musik nusantara yang paling terkenal di ranah internasional. Contohnya, di Amerika Serikat, terdapat sekitar 400 komunitas pemain gamelan dan 127 diantaranya aktif mengadakan latihan dan pementasan.  Selain untuk hiburan dan pertunjukan, alat musik ini juga digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari sebagai alat terapi narapidana di Inggris, terapi bagi penderita Skizofrenia di Meksiko, dan bahkan dijadikan sebagai kurikulum di New Zealand School of Music (NZSM).

4. Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik dan mengeluarkan suara perpaduan antara gitar, biola, kecapi dan harpa. Alat musik tradisional asal Pulau Rote, NTT, ini telah diusulkan untuk mendapat penghargaan dari UNESCO. Alat musik ini semakin dikenal di ranah internasional setelah dibawakan oleh Djitron Pah pada penampilannya di audisi Asia’s Got Talent 2015.

Keempat musik nusantara tersebut baru merupakan beberapa dari berbagai musik nusantara yang sudah mendunia, loh! Harapannya, bangsa kita dapat semakin mengembangkan musik-musik nusantara agar dapat semakin dikenal di kancah internasional.