TANAMAN MENYUKAI MUSIK?

Sumber: https://tinyurl.com/2p8vz4mh

Halo Sobat Musik! Seperti yang kalian tahu, bahwa beraktivitas sambil ditemani oleh alunan musik membuat segala kegiatan menjadi terasa ringan dan menyenangkan. Tahukah Kalian? Tanaman juga menyukai musik lho. Namun, apa sih efeknya bagi tanaman yang diperdengarkan oleh alunan musik? Apakah mempengaruhi pertumbuhannya? Apakah akan berbeda dengan tumbuhan lain nantinya?  

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik yang diputar secara teratur di sekitar tanaman dapat meningkatkan laju pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Suara getaran musik diyakini dapat merangsang pergerakan air dan nutrisi dalam tanaman, membantu proses fotosintesis, dan meningkatkan aliran sirkulasi dalam tumbuhan.

Selain efek langsung pada tanaman, musik juga dapat mempengaruhi lingkungan di sekitar tanaman. Misalnya, suara musik dapat mengurangi stres tanaman dengan menghilangkan kebisingan yang berlebihan atau meredakan suara-suara yang berpotensi merusak tanaman. 

Genre musik apa yang disukai oleh tanaman?

Tanaman juga pilih-pilih musik lho. Tidak semua genre musik disukai oleh tanaman. Ternyata tanaman lebih menyukai musik-musik yang pembawaannya tenang, misalnya musik klasik. Buktinya, tumbuhan yang diperdengarkan musik klasik tumbuh lebih baik dibandingkan yang mendengar musik metal atau rock. Bila dikaitkan dengan alat musik, tanaman lebih menyukai alat musik yang dipetik, seperti biola, cello, dan guitar acoustic, dibandingkan dengan drum. 

Adakah contoh nyata penerapan musik pada tanaman?

Contoh nyata yang sudah dilakukan adalah beberapa petani atau tukang kebun mungkin memilih untuk memainkan musik di sekitar tanaman mereka sebagai upaya eksperimental untuk meningkatkan pertumbuhan. 

Walaupun ada beberapa bukti yang menunjukkan potensi positif musik pada pertumbuhan tanaman, efeknya masih perlu diteliti lebih lanjut dan tidak ada kesimpulan pasti mengenai hal ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa musik tidak memiliki efek yang signifikan terhadap tanaman, sementara yang lain menyimpulkan bahwa efeknya tergantung pada jenis musik, volume, frekuensi, dan jenis tanaman yang terlibat.

Sumber:

Chivukula, V. (2018). Impact of music on plant growth and development. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 7(12), 19895-19899.

Singh, B., & Khare, R. (2014). Effects of music on plant growth: An experiment. International Journal of Advanced Research, 2(6), 527-529.

Tumbuhan Suka Mendengarkan Musik Klasik – Bobo. (2017, November 8). Bobo.ID. Retrieved June 2, 2023, from https://bobo.grid.id/read/08678930/tumbuhan-suka-mendengarkan-musik-klasik

Yuma Adzanzee Amya