Musik Mindfulness untuk Ketenangan Pikiran dan Batin

Musik adalah sebuah karya seni yang terdiri dari rangkaian nada-nada dan suara yang mengandung keharmonisan suara, irama, dan lagu. Musik sendiri dikatakan sebagai bahasa yang Universal karena bisa disukai dan diterima oleh banyak kalangan masyarakat baik kalangan bawah hingga atas. Musik memegang peranan penting bagi berbagai aspek kehidupan manusia. Musik dapat digunakan sebagai sarana mengekspresikan diri, mengungkapkan perasaan, penghibur, dan penenang pikiran serta batin manusia.

Mindfulness Music adalah salah satu jenis musik yang biasa digunakan untuk dapat memusatkan pikiran, yang biasanya diperlukan dalam beberapa kegiatan, seperti kegiatan meditasi dan  yoga. Musik Mindfulness adalah bentuk dari penyembuhan suara yang mengharuskan pikiran fokus pada pernapasan dan visualisasi. Biasanya Musik Mindfulness ini dikombinasikan dengan suara yang disebut Healing Sound yaitu seperti suara air mengalir, suara hujan, dan suara genta. Sesungguhnya musik mindfulness ini merupakan sarana seseorang dalam melatih kesadarannya. Dalam arti seseorang sadar dengan segala aktivitas, tindakan, ucapan, serta semua kegiatan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-harinya.  Selain berfungsi untuk melatih kesadaran dan konsentrasi, musik mindfulness ini juga membantu dalam proses penenangan pikiran dan batin. Contohnya adalah beberapa lagu mindfulness Plum Village Indonesia yang dapat kita dengarkan pada saat-saat pikiran kita mulai tidak terkendali dan batin kita yang bergejolak. Lagu-lagu tersebut kita dengarkan sambil menarik dan membuang nafas secara teratur dapat membantu menenangkan pikiran dan batin serta kita akan menjadi manusia yang lebih berkesadaran dalam bertindak.

Saat ini beberapa sekolah di Tangerang dan Jakarta sendiri sudah menerapkan Musik Mindfulness untuk memanggil kembali kesadaran murid-muridnya, sehingga murid-murid diharapkan lebih berkonsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik.

Referensi:

Tim CNN Indonesia. (2020, September 19). Musik Membantu Mendengarkan Kata Hati. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200916202444-277-547405/musik-membantu-mendengarkan-kata-hati

#SalamBDM

Alvania Artamevia