Tingkatkan Stamina Tubuh Melalui Cairan

Tidak hanya melalui makanan yang sehat saja, tubuh juga memerlukan cairan agar mampu bekerja dengan optimal selama berolahraga. Cairan yang cukup akan membantu untuk meingkatkan daya tahan tubuh dan juga akan menjaga konsentrasi selama melakukan aktivitas berat seperti bermain badminton.

Untuk menambah energi selama olahraga, berikut merupakan minuman untuk menambahkan stamina:

1. Air lemon dan madu
Lemon mengandung vitamin C yang memiliki antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Sementara madu memiliki kandungan glukosa yang akan menjadi sumber energi selama melakukan aktivitas. Dengan meminum air perasa lemon dan madu, tubuh akan semakin optimal dalam berolahraga.

2. Smoothie
Smoothie merupakan campuran dari buah, sayur, maupun biji-bijian yang kemudian diolah menjadi jus. Maka dari itu, smoothie mengandung banyak vitamin, protein, serat, dan juga mineral. Dimana cairan tersebut akan mampu mengembalikan energi yang hilang selama berolahraga dan juga akan meredakan tegangan otot akibat gerakan yang intens.

Salah satu contoh campuran smoothie yang dapat digunakan adalah dengan mencampurkan susu, pisang, kacang almond, nanas, dan mangga.

3. Air kelapa
Air kelapa memiliki kandungan elektolit yang tinggi. Dimana elektrolit merupakan mineral yang berperan penting untuk menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang, seperti contohnya, magnesium, natrium, kalium, dan kalsium. Air kelapa akan menjadi cairan yang cocok untuk melakukan rehidrasi tubuh setelah berolahraga.

Referensi:
Halodoc. 6 September 2021. “3 Minuman Sehat untuk Menambah Energi Sebelum Berolahraga.” Terdapat pada link:
https://www.halodoc.com/artikel/3-minuman-sehat-untuk-menambah-energi-sebelum-olahraga

Alodokter. 10 Januari 2022. “Pilihan Minum Dingin Sebagai Teman Berolahraga.” Terdapat pada link:
https://www.alodokter.com/pilihan-minuman-dingin-sebagai-teman-berolahraga

Yakult. 26 Mei 2023. “Bantu Rehidrasi Tubuh Setelah Berolahraga, Berikut Manfaat Air Kelapa.” Terdapat pada link:
https://yakult.co.id/berita/bantu-rehidrasi-tubuh-setelah-berolahraga-berikut-manfaat-air-kelapa-MTA2