Sejuta Manfaat Infused Water

Ketika kalian melihat seseorang yang sedang minum air dengan beberapa irisan buah yang terdapat di dalamnya, maka dapat dikatakan bahwa seseorang tersebut meminum infused water. Saat ini, infused water menjadi minuman yang terkenal di kalangan masyarakat. Selain itu, minuman ini juga telah diklaim sebagai pelengkap pola hidup sehat zaman sekarang. Minuman ini tak hanya menyegarkan tetapi memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, infused water ini mampu menjadi pengganti air putih sebagai pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh.

 Jadi, sebenarnya apa itu infused water? Infused water merupakan air putih yang didalamnya terdapat buah-buahan atau sayur-sayuran yang berada dalam kondisi segar melalui proses perendaman dan pendiaman secara bersamaan dalam waktu yang telah ditentukan. Bahan-bahan yang terdapat di dalam infused water akan keluar, sehingga akan memberikan rasa serta aroma yang berbeda dan khas di dalam air. Pada umumnya, bahan-bahan yang digunakan adalah buah-buahan segar, daun mint, dan teh hijau. Infused water sangat berbeda dengan jus karena infused water tidak menggunakan gula atau zat adiktif lainnya, sehingga infused water memiliki khasiat yang lebih dibandingkan dengan jus. Maka, kebanyakan orang akan memilih infused water daripada jus (Harifah, Mustofa, & Suhartatik, 2017).

Infused water tersebut memiliki banyak sekali manfaat. Pertama, mampu melancarkan pencernaan. Kandungan nutrisi dan mineral yang terdapat di dalam infused water akan membantu melancarkan pencernaan, sehingga tidak akan terjadi masalah sulit buang air besar. Kedua, dapat mencegah kanker. Menurut penelitian, infused water mampu mencegah terjadinya kanker karena kandungan di dalam infused water dapat menurunkan kolesterol yang nantinya akan menjadi bibit-bibit kanker. Ketiga, dapat menyehatkan kulit. Minuman ini kaya akan antioksidan, sehingga mampu mencegah penuaan dini, seperti keriput. Keempat, dapat membantu menurunkan berat badan. Ketika mengonsumsi infused water dalam kondisi tubuh yang sedang lapar, maka rasa lapar tersebut akan berkurang dan tenggorokan juga akan terasa lebih segar (Anggrianto, 2019).

Infused water memang mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, sehingga tak heran banyak sekali orang yang mengonsumsinya. Namun, khasiat yang dihasilkan infused water tidak lebih dari membuat kalian untuk lebih sering minum air dan membantu mendapatkan nutrisi dari buah-buahan atau sayur-sayuran yang tidak dapat dimakan secara langsung. Maka, mengonsumsi langsung buah-buahan atau sayur-sayuran tersebut merupakan cara selanjutnya ketika kalian ingin mendapatkan vitamin yang tidak terdapat di dalam infused water.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anggrianto, F. (2019). Sehat Zaman Now. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Harifah, I., Mustofa, A., & Suhartatik, N. (2017). Antioxidant Activity of Infused Water withV ariation of Orange Variety (Lime, Lemon, and Baby) and Added Fruit Type (Strawberry, Black Grape, and Kiwi). Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 1(1), 54-55.

Rafaela Cointha Flavia