Latihan Fisik Atlet Bulutangkis

Setiap atlet memerlukan fisik yang sehat dan kuat saat mengikuti perlombaan. Tak terkecuali atlet olahraga yang kita kenal mendapat piala “Thomas Cup” pada tahun 2020. Yup, atlet bulu tangkis. Dalam bermain, atlet bulu tangkis atau badminton memerlukan skill yang mumpuni  dan  tentunya  stamina  dan  fisik  yang  kuat.  Apa  gunanya jika memiliki skill yang berkualitas tanpa diiringi dengan fisik yang kuat? Nah, untuk itu kita perlu mengetahui nih apa saja latihan fisik yang dapat membantu atlet agar dapat bermain secara optimal.

Ada beberapa latihan fisik yang dapat kita lakukan, misalnya pertama ada latihan Skipping, skipping adalah latihan yang dilakukan dengan cara latihan melompat dengan menggunakan tali. Latihan ini dapat dilakukan setiap harinya dengan waktu 10 menit karena waktu tersebut sangat efektif untuk melatih kaki kita agar meningkatkan kelincahan/reflek kita saat di lapangan.

Selanjutnya, latihan Forward Lunges, Latihan ini pada umumnya sangat penting karena dalam bermain badminton selain kelincahan harus diimbangi dengan kekuatan otot yang menjadi andalan utama dalam bermain. Maka, untuk melatih agar otot kita menjadi kuat dengan Cara Forward Lunges, gerakan ini akan membuat kita meregangkan otot hamstring dan otot pinggul, dan akan memperbaiki mobilitas pergerakan saat bermain badminton.

Cara yang dapat dilakukan seperti:

  • Badan tetap tegak, lalu letakan salah satu kaki anda pada bagian depan, lalu posisikan kedua kaki dengan benar dan atur agar tetap rata dengan permukaan.
  • Dan melakukan Standing Toe-Up Achilles Stretch.

Ketiga ada latihan Wrist Flexor and Extensor, latihan ini diperlukan pada tangan seorang atlet badminton agar dapat lebih lentur dan lincah dalam melakukan pukulan-pukulan pada kok.

  • Flexor yaitu gerakan jari dari telapak tangan diarahkan ke bawah, lalu diluruskan, fungsi dari gerakan ini untuk melenturkan pergelangan tangan.
  • Sedangkan Extensor yaitu gerakan menggerakan jari ke atas dari telapak tangan selagi kita   meluruskan   tangan   ke   depan.   Fungsi   dari  gerakan   ini  untuk  meregangkan pergelangan tangan.

Keempat adalah Latihan Shadow Badminton,latihan ini sangat berguna karena pada latihan ini kita diuji untuk menebak tembakan lawan yang akan datang, maka latihan ini harus membutuhkan bantuan orang lain. Selain menebak arah lawan akan menyerang, dalam latihan ini kita harus benar-benar mengayunkan raket, seakan-akan bola kok ada di depan kita. Maka dari latihan ini akan menumbuhkan reflek saat ada bola kok yang datang ke kita.

Setelah melakukan beberapa latihan fisik diatas, jangan lupa untuk melakukan pendinginan agar otot-otot dan tubuh kita tidak kaku dengan melakukan senam rileks. Semoga beberapa tips latihan fisik ini dapat membantu kalian untuk berlatih, jangan lupa rutin juga untuk latihan fisik ya sebelum latihan teknik bermain bulu tangkis!

 

 

Daftar Pustaka:

8 Latihan Fisik Bulu Tangkis yang WajibDilakukan – Pinhome. Pinhome. (2021). Retrieved from https://www.pinhome.id/blog/latihan-fisik-bulu-tangkis/.

Sawitri, Y. (2019). 8 Manfaat Skipping untuk Diet, Cepat dan Efektif Turunkan Berat Badan. bola.com. Retrieved from https://www.bola.com/ragam/read/4143004/8-manfaat-skipping-untuk-diet-cepat-dan-efe ktif-turunkan-berat-badan