Teknik Pukulan Backhand pada Permainan Bulutangkis

Backhand merupakan salah satu pukulan pada permainan bulutangkis yang dimana pukulan tersebut yang diayun dari seberang badan menuju depan dengan menggunakan bagian belakang dari raket untuk memukul bola, sehingga telapak tangan akan membelakangi bola. Ketika melakukan pukulan backhand pada permainan bulutangkis yaitu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu:

Teknik memegang raket untuk melakukan pukulan Backhand

  1. Memegang raket dalam posisi miring
  2. Ketika memegang raket, pastikan posisi ibu jari berada pada bagian handle (pegangan raket), sedangkan jari – jari tangan berada di posisi bagian depan.

Setelah memahami teknik memegang raket untuk melakukan pukulan Backhand, maka terdapat beberapa langkah untuk menerapkan pukulan dasar Backhand

  1. Posisi kaki kanan berada tepat di depan kaki kiri, lalu kaki kanan dapat diarahkan ke sasaran yang diinginkan oleh pemain.
  2. Kedua kaki dapat dibuka selebar pinggul dengan lutut yang sedikit ditekuk, agar titik berat badan dapat bertumpu diantara kedua kaki dengan posisi tersebut.
  3. Raket dapat diayunkan dengan pendek dan mendorong kok (shuttlecock) dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Namun Gerakan dapat dilakukan secara harmonis dan kontinu.
  4. Hindari memanfaatkan tenaga dari pergelangan tangan, karena dapat mempengaruhi arah dan keakuratan pada pukulan.
  5. Fokus terhadap posisi lawan, agar kok (shuttlecock) dapat sesuai dengan tujuan yang diarahkan.

Dengan demikian, kalian dapat diuntungkan dengan menerapkan beberapa teknik pada pukulan Backhand diatas, karena lawan akan sulit menduga jatuhnya arah kok (shuttlecock). Selain itu, lawan akan merasa kesulitan untuk membalas pukulan yang melesat keras dan cepat sehingga lawan sangat sulit untuk menduga arah kok (shuttlecock).

Daftar Pustaka

Cara Melakukan Pukulan Backhand dalam Bulu Tangkis: Ketahui Teknik-tekniknya. kumparan. (2021). Retrieved from https://kumparan.com/kabar-harian/cara-melakukan-pukulan-backhand-dalam-bulu-tangkis-ketahui-teknik-tekniknya-1wo9ll6gsEd/full.

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya