Cara Melakukan Teknik Forehand Grip yang Benar

Permainan bulutangkis itu sendiri dapat dimainkan secara individu maupun berpasangan dua orang. Permainan bulutangkis menggunakan raket sebagai alat untuk memukul dan cocks sebagai objek yang akan dipukul oleh raket tersebut. Tujuan dari permainan bulutangkis adalah memukul cocks supaya agar dapat melewati jaring dan jatuh di area lawan. Bulutangkis mempunyai berbagai macam teknik, salah satunya adalah teknik forehand grip (Soegito, Saputra, & Alsaudi, 2019).

Dalam teknik forehand grip, gerakannya serupa dengan servis pendek tetapi lebih mengutamakan pada ketepatan, sehingga saat melakukan servis pendek hanya akan menitikberatkan pada ketepatan dan servis pendek yang dihasilkan maksimal. Lalu, langkah-langkah dalam memegang raket dengan teknik forehand grip yang benar adalah sebagai berikut (Artamira, 2022).

  1. Kepala raket diposisikan menyamping.
  2. Raket dipegang seperti ingin menjabat tangan dengan orang lain.
  3. Ibu jari dengan jari telunjuk diberi jarak dan membentuk huruf V.
  4. Jari yang lainnya menggenggam raket.

Keempat hal diatas merupakan langkah-langkah memegang raket yang benar dengan teknik forehand grip. Ketika kalian mampu menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah tersebut, maka akan menghasilkan pukulan yang sangat sempurna. Selain itu, dibutuhkan juga latihan agar pukulan dengan teknik forehand grip semakin terlihat baik dan benar (Jufri, Ruslan, & Rahmadi, 2020).

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Artamira, J. (2022, April 6). Sportpedia: Cara Memegang Raket Forehand Grip pada Bulu Tangkis. Retrieved from sportstars.id: https://www.sportstars.id/read/sportpedia-pegangan-raket-forehand-grip-pada-bulu-tangkis-Zw7g28

Jufri, Ruslan, & Rahmadi. (2020). The Influence of Forehand Grip Handling and Backhand Grip on Short Service Ability in Badminton of Collage Students. Jurnal Imiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 52.

Soegito, Saputra, S., & Alsaudi, A. (2019). Meningkatkan Teknik Dasar Servis Tinggi Forehand Service melalui Metode Blocked Practice. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 1(1), 1.

Rafaela Cointha Flavia