Pukulan Dropshot Bulu Tangkis

Pukulan Dropshot merupakan salah satu pukulan penting dalam permainan bulu tangkis. Karena pukulan Dropshot bertujuan untuk mencetak poin dengan menyerang pergerakan lawan dengan mengarahkan kok (shuttlecock) ke daerah lawan setipis mungkin dengan jarak net, sehingga mengakibatkan lawan sulit untuk mengembalikan kok (shuttlecock). Pukulan Dropshot memiliki karakterisitik yaitu dengan menjatuhkan kok (shuttlecock) setipis mungkin dengan jarak net di daerah lawan. Namun dalam melakukan pukulan Dropshot dibutuhkan arkurasi pukulan yang tepat yaitu dengan melalui banyak latihan sehingga mendapatkan felling yang kuat.

Adapun tahap tahap yang perlu diketahui untuk melakukan pukulan Dropshot, diantaranya yaitu:

  1. Memposisikan tangan dengan pegangan forehand
  2. Memegang raket dengan posisi menyamping badan
  3. Memegang raket dapat dilakukan dengan rileks
  4. Bergeraklah dengan cepat agar posisi tubuh berada di belakang kok (shuttlecock)
  5. Raket dapat diayunkan dengan posisi tangan yang lurus serta (shuttlecock) dapat didorong atau disentuh dengan halus.
  6. Shuttlecock dapat diarahkan melengkung ke kanan apabila akan memberikan pukulan Dropshot ke arah forehand, sebaliknya shuttlecock dapat diarahkan melengkung ke kiri apabila akan memberikan pukulan Dropshot backhand
  7. Posisi terakir pada raket yaitu dengan mengikuti arah shuttlecock.

Dengan demikian, anda dapat mencoba pukulan Dropshot bulu tangkis dengan menerapkan dan melatihnya berdasarkan tahap – tahap yang telah dijelaskan diatas, agar arkurasi pukulan semakin tepat dan terciptanya feeling yang kuat. Sehingga dengan melakukan pukulan Dropshot bulu tangkis, anda dapat membuat lawan anda menjadi kesulitan dalam mengembalikan shuttlecock yang jatuh tipis dengan jarak net.

Daftar Pustaka

Dropshot Bulu Tangkis, Begini Cara Melakukan Tekniknya. kumparan. (2021). Retrieved from https://kumparan.com/info-sport/dropshot-bulu-tangkis-begini-cara-melakukan-tekniknya-1wcJ4ZSw32i/full.

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya