Pentingnya Memakai Sepatu Khusus Bulutangkis Saat Bermain

Banyak sekali orang yang bermain bulutangkis tetapi tidak memakai sepatu khusus untuk bermain dan bahkan hanya menggunakan sandal biasa. Hal ini merupakan cara yang salah karena tidak akan memberikan perlindungan yang cukup sehingga menyebabkan kaki atau pergelangan kaki dapat terkilir. Sepatu bulutangkis dirancang khusus untuk pemain dapat bermain dengan nyaman dan melakukan pergerakan yang cepat ke segala arah.

Beberapa pemula juga sering menggunakan sepatu lari untuk bermain bulutangkis, bagaimanapun saat seorang pemain bergerak cepat kesegala arah selama bermain, kaki mereka akan terasa teremas didalam sepatu dan merasakan ketidaknyamanan, sehingga meningkatkan resiko cidera dalam berolahraga. Hal ini juga karena sepatu lari didesign untuk mengutamakan pergerakan kedepan dan kebelakang, sementara sepatu khusus untuk bermain bulutangkis dirancang untuk mencakup pergerakan lateral yang dimana sering dilibatkan dalam permainan bulutangkis.

Dengan demikian sudah jelas bahwa sepatu khusus untuk bulutangkis lebih tepat jika digunakan dalam bermain bulutangkis, dan tidak seharusnya menggunakan sandal atau sepatu olahraga lainnya. Khususnya ketika seorang pemain membuat upaya keras untuk melakukan pemukulan dan pengambilan bola, nyeri pada kaki akan terasa mudah didapat. Bahkan ada juga kasus yang dapat menyebabkan keseleo pada pergelangan kaki karena perlindungan sepatu terhadap kaki yang kurang memadai. Jika menggunakan sepatu khusus bulutangkis dalam bermain, tidak hanya membuat seorang pemain dapat bermain lebih baik, tetapi juga dapat mengurangi resiko cidera atau terkilir saat bermain bulutangkis.

Berikut merupakan contoh sepatu khusus untuk bermain bulutangkis :