Teknik Netting pada Permainan Bulu Tangkis

Seorang pemain bulu tangkis tentunya telah menguasai teknik permainan sebelum bertanding agar dapat bermain dengan baik saat pertandingan. Misalnya teknik Service, Smash, Dropshot, Lob, Overhead, Drive dan Netting.  Teknik Netting ini seperti pisau bermata dua  karena merupakan salah satu teknik yang menyulitkan karena pemain harus mempunyai kemampuan (“perasaan”) saat raket menyentuh Shuttlecock sepelan mungkin agar melewati net dan jatuh di area lawan namun teknik ini juga dapat memberikan keuntungan (berupa luckyball) di poin-poin kritis menjelang akhir game. Sehingga jika dapat melakukan teknik netting dengan baik, tentunya akan menguntungkan bagi pemain.

Berikut adalah cara-cara melakukan Netting dengan benar:

  1. Pastikan telah memegang raket se-rileks mungkin
  2. Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin
  3. Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net
  4. Usahakan jatuhnya shuttlecock sedekat mungkin dengan net
  5. Berdirilah di belakang garis servis kira-kira dua langkah dari jaring
  6. Kejarlah shuttlecock yang datang di depan jaring
  7. Posisi kaki kanan selalu berada di depan baik saat melakukan netting dengan forehand ataupun netting dengan backhand.
  8. Agar netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum shuttlecock tersentuh, buat tarikan kecil
  9. Secara simultan dan bergantian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang di depan net atau bisa juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Selain itu, terdapat faktor yang mempengaruhi pukulan netting seperti

  1. Koordinasi gerak kaki dan lengan
  2. Keseimbangan tubuh
  3. Posisi raket dan shuttlecock saat permainan
  4. Konsentrasi

Nah, cara-cara melakukan teknik netting di atas merupakan teknik yang digunakan oleh semua pemain bulu tangkis. Tentunya taktik ini harus dilatih secara rutin dan dikombinasikan dengan teknik permainan lainnya, agar pemain dapat menghasilkan permainan yang berkualitas.  Dan juga jangan lupa akan faktor yang mempengaruhi  netting  agar pukulan netting dapat menghasilkan hasil yang maksimal.

 

Daftar Pustaka

Al, B. (2022). Teknik Dasar Bulu Tangkis. https://bahassemua.com/teknik-dasar-bulu-tangkis/%0A

Atmoko, E. Y. T. (2021). Bagaimana Pukulan Netting yang Baik? https://www.kompas.com/sports/read/2021/08/26/11000028/bagaimana-pukulan-netting-yang-baik-%0A

Teknik Latihan Bulutangkis (Edisi 26): Netting. (2013). https://pbdjarum.org/klub/tips-latihan/20130424-teknik-latihan-bulutangkis-edisi-26-netting#gref%0A%0A

Tommy