Oatmeal Sebagai Menu Sarapan dan Diet Terbaik

Sarapan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh semua orang karena mempunyai pengaruh yang cukup besar bagi kesehatan tubuh. Saat ini, menu sarapan oatmeal telah menjadi perbincangan banyak orang yang sedang menjalani diet. Oatmeal menjadi menu sarapan favorit karena rasanya pun enak. Tak hanya diet, oatmeal juga mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh. Oatmeal akan membuat perut terasa kenyang lebih lam. Sehingga, banyak orang yang lebih memilih oatmeal sebagai menu sarapan dan diet.

Oat telah ada sejak zaman Yunani kuno yang termasuk ke dalam tanaman padi-padian (Graminaceae) atau serealia. Oat termasuk kerabat dekat dengan padi (Oriza sativa), gandum (Triticum spp), jail (Hordeum vulgare), dan sorgum (Sorghum bicolor). Oat merupakan gandum yang utuh dan karbohidrat yang kompleks, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengalami proses pencernaan oleh tubuh. Maka dari itu, dapat membantu makan lebih sedikit dengan memperlambat proses pencernaan, sehingga akan menghasilkan efek kenyang yang lama (Utama, Hamidah, & Lastariwati, 2020).

Oatmeal sangat terkenal dengan manfaat yang dimilikinya lho!! Oatmeal mampu mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dan mencegah kanker karena mengandung b-glukan yang kemampuannya kuat untuk menurunkan kolesterol dan trigliserida, sehingga kandungan tersebut juga mengurangi adanya potensi penyakit kardiovaskular. Kemudian, dapat mencegah terjadinya diabetes tipe 2 karena kandungan serat larut atau b-glukan yang berperan dalam meningkatkan kontrol pada glukosa dengan mencegah terjadinya peningkatan yang tajam glukosa darah. Selain itu, dapat mengatasi gangguan pencernaan karena serat b-glukan dapat merangsang pertumbuhan bakteri bifido dan lactobacillus yang merupakan probiotik. Probiotik itu sendiri adalah bakteri baik bagi tubuh (AKG FKM UI, 2020).

Oatmeal memang mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Selain itu, oatmeal menjadi menu sarapan favorit sebagian besar orang karena mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama. Jika dibandingkan dengan menu sarapan lainnya, oatmeal  memang mempunyai kandungan gluten free, mudah dalam pengolahannya, harga yang terjangkau, mudah didapatkan, dan umur simpan yang cukup lama. Maka, oatmeal dapat dijadikan sebagai menu diet untuk orang-orang yang ingin melakukan diet ketat.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

AKG FKM UI. (2020, November 6). Oats. Retrieved from AKG FKM UI: https://akg.fkm.ui.ac.id/oats/

Utama, N., Hamidah, S., & Lastariwati, B. (2020). Oatmeal Cookies Sebagai Pengganti Makanan Selingan untuk Penderita Diet Rendah Kalori. Home Economics Journal, 4(2), 45.

Rafaela Cointha Flavia