Pentingnya Pemansan Dalam Bermain Badminton

Dalam olahraga badminton tentunya banyak memberikan manfaat kebugaran dan kesehatan. Namun tidak jarang juga pemain yang melakukan olahraga ini mengalami cedera. Oleh karena itu pentingnya melakukan pemanasan ketika sebelum melakukan olahraga badminton. Selain mengurangi risiko cedera, tentunya juga dapat memberikan beberapa manfaat dalam melakukan pemanasan saat bermain badminton seperti dapat mencegah cedera, mempersiapkan jantung dan paru sebelum latihan inti, meningkatkan fleksibitilitas otot dan sendi, sehingga membantu meningkatkan peforma saat bermain badminton.

Oleh karena itu, adapun beberapa pemanasan yang dapat dilakukan sebelum bermain badminton

  1. Hangatkan Tubuh dan Tingkatkan Detak Jantung

Dengan tujuan menghangatkan tubuh dan tingkatkan detak jantung yaitu dapat dilakukan dengan berlari kecil dan juga bisa dengan latihan lompat dengan alat skipping. Oleh karena itu tubuh akan terasa lebih hangat sehingga jantung akan berdetak lebih cepat.

  1. Meregangkan Otot

Peregangan otot dapat dilakukan ketika dalam latihan tubuh sudah mulai terasa hangat, sehingga otot akan melemas jika dilakukan peregangan yang dimana dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.

  1. Pelemasan tangan

Melemaskan tangan sebelum bermain badminton dapat dilakukan dengan memukul kock dengan berbagai teknik baik itu backhand, forehand, ataupun melatih pukulan smash.

Dengan demikian, kalian dirumah tentunya dapat mengetahaui pentingnya melakukan pemanasan sebelum bermain badminton. Dan kalian juga dapat menerapkan beberapa pemanasan diatas sebelum bermain badminton. Sehingga ketika kalian bermain badminton dapat mempersiapkan dan meningkatkan fleksibilitas otot dan sendi yang dimana tentunya dapat mencegah terjadinya risiko cedera ketika bermain badminton.

Daftar Pustaka
Kusuma Dewi, A. (2019). 3 Langkah Pemanasan yang Tepat Sebelum Main Bulutangkis. INDOSPORT.com. Retrieved from https://www.indosport.com/raket/20190227/3-langkah-pemanasan-yang-tepat-sebelum-main-bulutangkis.

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya