Pukulan Smash Dalam Badminton

 

Pukulan Smash pada permainan badminton merupakan salah satu teknik pukulan andalan oleh para pemain bulu tangkis. Pukulan smash memiliki tujuan untuk menjatuhkan shuttlecock sekeras-kerasnya ke daerah permainan lawan, sehingga teknik pukulan smash dapat dilakukan dengan cara memukul shuttlecock dengan cepat sekeras – kerasnya hingga menukik dan memasuki area lapangan lawan.

Adapun beberapa macam smash dan teknik yang harus diperhatikan untuk melakukan pukulan smash yaitu :

  1. Smash Penuh

Smash Penuh merupakan jenis pukulan bulu tangkis yang dilakukan dengan mengenai daun raket penuh dengan titik objek yang harus tegak lurus antara daun raket dengan waktu datangnya shuttlecock. Sehingga ketika pukulan tersebut dapat dilakukan dengan benar maka akan menghasilkan pukulan smash penuh yang maksimal.

  1. Smash Cambukan

Smash Cambukan merupakan jenis pukulan bulu tangkis dengan mengaktifkan bagian pergelangan tangan untuk melakukan pukulan smash dengan cambukan dan tekanan ke bawah. Oleh karena itu, hasil dari smash cambukan tersebut dapat membuat lawan menjadi tidak berdaya dengan pukulan cambukan yang dalam dan curam.

3. Smash Potong

Smash Potong merupakan pukulan bulu tangkis yang kurang begitu kencang dibandingkan smash penuh, namun laju shuttlecock lebih tajam dan terarah karena smash potong biasanya dilakukan secara menyilang sebagai smash silang atau cross smash. Oleh karena itu, smash ini dapat dilakukan dari lini belakang karena smash potong ini biasanya menghasilkan laju bola yang menyilang atau cross smash.

  1. Smash the Head Smash

Pada pukulan smash ini bertujuan untuk lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob posisi backhand, sehingga kita dapat memberikan around the head smash atau smash dengan lengan memutar dan mengitari atas kepala. Oleh karena itu, smash tersebut dapat dilakukan dengan memiringkan badan kearah kiri dan memutarkan lengan di atas kepala untuk memukul shuttlecock laju di sebelah kiri.

  1. Backhand Smash

Backhand smash merupakan salah satu jenis pukulan smash yang dilakukan menggunakan daun raket pada bagian belakang raket. Pukulan ini membutuhkan pergelangan tangan yang lentur dan kuat agar dapat menghasilkan pukulan yang keras. Oleh karena itu, pukulan ini dapat dilakukan dengan posisi membelakangi arah datangnya shuttlecock.

Dengan adanya penjelasan di atas mengenai beberapa macam smash dan teknik yang harus diperhatikan untuk melakukan pukulan smash, mungkin Sobat Badminton dapat mencobanya dan sudah paham ya sekarang.

 

Referensi:

“Smash Bulu Tangkis, Ini Teknik yang Perlu Dikuasai”

Info Sport – 5 Oktober 2021

https://kumparan.com/info-sport/smash-bulu-tangkis-ini-jenis-teknik-yang-perlu-dikuasai-1wf2JViC59t/4

I Putu Rio Siwa Ratrianjaya