Makanan yang Baik Untuk Dikonsumsi Sebelum Olahraga

Halo Sobat Badminton! Kali ini Binus Badminton ingin membahas mengenai makanan apa sih yang baik untuk dikonsumsi sebelum olahraga. Faktanya, agar kita dapat memperoleh manfaat yang maksimal dalam berolahraga, kita harus memperhatikan juga makanan yang kita konsumsi. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang tepat dan bernutrisi, performa saat berolahraga tidak hanya meningkat, tetapi juga mengurangi cedera dan membuat badan lebih cepat pulih setelah berolahraga.

Makanan yang sehat dan bernutrisi berperan sebagai bahan bakar ketika kita berolahraga. Maka dari itu, sebelum berolahraga kita disarankan untuk memakan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Berikut beberapa makanan yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga.

  1. Pisang

Pisang adalah penyedia karbohidrat yang sangat bagus dan dapat dikonsumsi dalam waktu lima hingga sepuluh menit sebelum berolahraga. Tidak hanya menyediakan karbohidrat yang mudah dicerna dan memberi tenaga tanpa membuat perut terasa berat, pisang juga mengandung potasium yang membangun dan membantu perbaikan fungsi otot dan saraf.

  1. Oats

Oats mengandung banyak serat dan juga vitamin yang berguna untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Oats dapat dikonsumsi dengan pisang dan biji-bijian serta lebih baik dikonsumsi dua sampai tiga jam sebelum berolahraga.

  1. Biji-bijian

Biji-bijian adalah jenis karbohidrat kompleks yang menyediakan banyak energi untuk berolahraga. Biji-bijian yang dapat dikonsumsi yaitu beras merah atau roti gandum utuh yang dikonsumsi sekitar satu jam sebelum olahraga.

  1. Yogurt dan buah

Yogurt dapat menjadi sumber cairan, karbohidrat, dan protein yang dapat dikonsumsi jika anda hanya mempunyai waktu sekitar satu jam atau kurang sebelum berolahraga. Yogurt yang dikonsumsi akan lebih baik jika tanpa pemanis buatan atau plain serta dapat dikombinasikan dengan buah menjadi suatu smoothie.

Rekomendasi makanan lainnya yang dapat dikonsumsi sebelum berolahraga yaitu telur dadar, alpukat, dan salad. Energy bar yang setidaknya mengandung 5 gram protein juga dapat dikonsumsi loh!

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi kembali energi tubuh setelah berolahraga minimal 45 menit setelah olahraga apabila ingin mengkonsumsi karbohidrat dan protein. Imbangi juga dengan meminum air mineral yang berguna untuk mencegah dehidrasi dan mendinginkan suhu tubuh. Akhir kata, jangan lupa untuk beristirahat ya sobat badminton!