Fakta Seputar Shuttlecock

Bulutangkis merupakan permainan olahraga bola kecil yang menggunakan kok atau dalam bahasa Inggris disebut shuttlecock. Bola tersebut terangkai atas bulu angsa yang membentuk kerucut dan disusun secara melingkar. Sementara untuk bagian bawahnya, berbentuk setengah bola yang biasanya terbuat dari gabus maupun kayu serbuk. Kok memiliki peranan yang sangat penting dalam bermain bulutangkis. Dimana kok yang baik akan menjadi penentu permainan memiliki pergerakan yang lancar dan berkualitas baik.

Shuttlecock berasal dari kata shuttle yang merujuk pada gerak maju dan mundur permainan. Dengan bermain bulutangkis, pemain perlu memastikan bahwa kok tidak terjatuh di lantai.

Spesifikasi Shuttlecock
Tidak menggunakan sembarangan bulu, kok memiliki spesifikasi yang cukup rumit untuk menjadikannya sebuah kok. Kok terdiri atas bulu asli, gabus, lem, dan bulu sintesis. Yang dimana kok memiliki 16 bulu dan memiliki panjang yang sama tiap bulunya yaitu 70mm, diameter kepala gabus kok 25-28 mm, dan berat kok sekitar 4,75-5,50 g.

Dengan kok yang berbentuk kerucut, akan membuat bola bisa terus-menerus terbang di udara dengan kepala gabusnya terlebih dahulu sehingga kok akan lebih mudah untuk dimainkan.

Kecepatan Shuttlecock
Pemain-pemain bulutangkis dunia mampu memukul kok dengan kecepatan yang sangat luar biasa. Pada turnamen Premier Badminton League (PBL) 2017, Mads Pieler Kolding mampu menembakkan smash dengan kecepatan 426 km/jam. Dan Tan Boon Heong, pemain dari Malaysia mampu memasuki Guinness Book of World Records dengan kecepatan 493 km/jam sebagai pemain bulutangkis tercepat di dunia.

Sebagai salah satu olahraga paling populer di dunia, bulu tangkis terus menarik minat jutaan orang di seluruh dunia. Dan shuttlecock adalah elemen sentral dalam permainan ini. Kualitas shuttlecock dapat berdampak signifikan pada permainan, dengan stabilitas, kecepatan, dan konsistensi yang menjadi faktor penentu. Dengan memilih shuttlecock yang tepat dan merawatnya dengan baik, pemain dapat mengoptimalkan performa mereka di lapangan dan menikmati permainan bulu tangkis dengan lebih baik.

Sumber:
Anonim. Senin, 6 Juni 2022. “Nama Bola Bulutangkis dan Regulasinya Sedunia.” Terdapat pada link:
https://m.kumparan.com/info-sport/nama-bola-bulu-tangkis-dan-regulasinya-secara-internasional-1yDbzqTdAAo

Adam, I. Rabu, 8 Februari 2023. “Fakta-fakta Menarik Shuttlecock yang Jarang Diketahui Publik.” Terdapat pada link:
https://sportfeat.bolasport.com/read/443685852/fakta-fakta-menarik-shuttlecock-yang-jarang-diketahui-publik?page=all