Tips Memulai Usaha untuk Beginner

Maydiana Margaretha Vania

2001546441

Sumber Gambar : https://blog.udemy.com/business-ideas-for-beginners/

Berikut ini merupakan kiat atau cara bagaimana memulai usaha sendiri untuk kamu yang masih pemula di bidang usaha. Dimana memulai bisnis bagi yang belum pernah memulai bisnis mungkin cukup sulit, karena harus memikirkan resiko ketika bisnis berjalan. Berikut ini adalah cara agar kamu bisa memulai bisnis sendiri. Caranya adalah, kamu harus mempunyai elemen-elemen dalam bisnis ini, berikut elemennya :

  • Prospek

Prospek atau peluang merupakan faktor kunci bahwa ide bisnis anda memang layak untuk dijalankan. Bisnis yang anda lakukan memang memiliki prospek yang baik. Tanpa prospek atau peluang yang baik, percuma saja anda menjalankan usaha tersebut, karena bisnis anda akan cepat redup bahkan mati. Analisa menjadi cara penting untuk mengetahui jenis bisnis mana yang prospek dimasa depan.

  • Ilmu

Pengetahuan cara memulai usaha sesuai dengan bisis yang akan anda lakukan menjadi mutlak. Karena tanpa pengetahuan yang cukup dalam mengetahui seluk belum menjalankan bisnis tersebut, akan membuat resiko usaha anda menjadi besar. anda harus mengetahui detil proses dari pekerjaan yang anda lakukan dari awal hingga dijalankan secara rutin

  • Kostumer

Bisnis seringkali berhubungan dengan pemasok dan pelanggan. Anda hrus sudah mengetahui informasi tersebut sejak awal ketika anda belum menjalankan usaha tersebut. Anda harus tahu mana pemasok dengan kualitas yang anda inginkan. anda juga harus sudah mengetahui segmen calonpelanggan yang akan anda sasar sesuai dengan usaha anda.

 

  • Modal yang cukup

Modal disini diartikan dengan uang. Anda harus sudah bisa menghitung dan mengetahui berapa besar modal awa yang anda butuhkan. Modal uang dibutuhkan untuk membeli alat-alat investasi dan juga biaya operasional untuk beberapa bulan diawal bisnis. Jangan sampai usaha anda terhenti hanya karena kekurangan modal yang belum pernah anda hitung sebelumnya. Jangan belanjakan sedikitpun uang tersebut apabila anda belum mengetahui jumlah uang yang dibutuhkan.

  • Kompetitor

Pesaing atau kompetitor tidak akan mengganggu anda secara langsung, namun mereka bisa membuat usaha anda rugi bila anda tidak pernah berhitung-hitung cara untuk memenangi persaingan melawan kompetitor.

  • Ide yang telah diujikan

Lakukan uji coba ide bisnis anda dalam jangka waktu yang cukup panjang, agar anda bisa melihat kebiasaan-kebiasaan yang mungkin muncul selama anda menjalankan bisnis tersebut termasuk kebiasaan sikap dan mental anda.

 

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://betabicara.com/cara-memula-usaha-untuk-pemula/