AIKIDO: Workshop 2022

Halo teman-teman! Kita berjumpa lagi dalam kegiatan Aikido kali ini. Nah apa itu? Kegiatan itu adalah Workshop dengan tamu undangan dari luar. Seperi apa acara-Nya? Ayo simak di bawah ini!

Program Workshop Aikido ini dijalankan dalam rangka mendemonstrasikan peran UKM Aikido dalam memenuhi kegiatan tahunan, sekaligus merupakan program baru yang sebelumnya belum dilaksanakan. Kegiatan direncanakan akan onsite dengan mengundang ‘narasumber’ luar dalam melakukan pelatihan praktik Aikido dalam Workshop ini kepada anggota Aikido. Dengan pengajar luar, diharapkan anggota dapat belajar hal-hal baru mengenai teknik Aikido di luar Binus, dan dapat memahami cara belajar yang juga berbeda.

Untuk tamu undangan kali ini, Aikido BINUS mengundang Sensei Mago Nalawira Kelana yang merupakan pelatih Aikido dalam beberapa dojo seperti, Just Dojo, Lippo Cikarang Dojo, FKTPP Lippo Karawaci, dan Judo Waza Cikarang. Beliau sendiri sudah memiliki belt pangkat ‘Dan 2 / Shodan’ dalam seni bela diri yang berasal dari Jepang ini yaitu, Aikido. Workshop kali ini dilaksanakan di Kampus Syahdan BINUS, Hall Multifunctional. Hall ini merupakan tempat yang istimewa, yang sudah mengadakan berbagai acara kegiatan Binus dari Rector Cup hingga latihan sehari-hari UKM olahraga dan seni bela-diri.

Acara Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2022 ini membawa anggota Aikido, sekaligus Alumni dari organisasi Aikido itu sendiri untuk datang dan ikut dalam mengantisipasi pengajaran dari Sensei Mago. Acara dimulai pada pukul 18.30 WIB dengan pemanasan masing-masing anggota. Lalu, materi pengajaran pertama pun dipertunjukkan oleh Sensei Mago. Untuk materi sesi pertama, para anggota menerapkan teknik Bokken (Pedang Kayu) yaitu, Basic Batto & Noto, Shomenuchi, Yokomenuchi, Basic Kata Berpasangan – Yokomen & Parry, dan Basic Kata Berpasangan – Nikyo Ura Ichi. Sesi ini pun berjalan selama satu jam dengan semangat dan motivasi para anggota yang tinggi.

Sesi pengajaran kedua, dimulai dengan pelatihan teknik Jo (Tongkat Kayu) yaitu, Tenouchi no Jo (5 cara memegang Jo), Kata 7, dan Tenchi no Mawari. Para anggota memegang tongkat, dan menampilkan berbagai kombinasi pergerakan menggunakan tongkat tersebut. Sesi ini pun berjalan selama 30 menit. Selanjutnya, sesi terakhir merupakan tahap cooling down atau pendinginan atas gerakan latihan intens sebelumnya yang juga penerapan teknik Aikido Zagi Waza, Kokyuho, Nikyo Aplikasi, dan Kuzushi Concept. Acara pun selesai pada pukul 20.30 WIB dengan penyerahan sertifikat apresiasi kepada Sensei Mago, sesi terima kasih dan foto bersama.

Bagaimana teman-teman untuk kegiatan kami kali ini? Semoga cukup menyenangkan ya. Sampai jumpa dalam acara berikutnya, dan selamat hari-hari liburan ya!!

Adrianus Dennis