5 GERAKAN MERPATI PUTIH KHUSUS PEMULA

Merpati Putih adalah satu di antara aliran pencak silat di Indonesia yang sudah resmi masuk menjadi anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Menurut I Nyoman Brata Suratmika, Pelatih Merpati Putih Unud, Merpati Putih dibagi menjadi dua Divisi Atlet dan Divisi Kebugaran. Divisi atlet untuk anak-anak sampai mahasiswa, sedangkan divisi kebugaran dari umur 35 ke atas, khusus tentang kesehatan olah napas. Gerakan-gerakannya tak jauh beda seperti yoga. Hanya bedanya adalah Yoga mengutamakan lentur dan tenang, Sedangkan Merpati Putih ada unsur kekejangan. Gerakan pencak silat ini bisa dilakukan di rumah juga.

Berikut ini bocoran tahapan latihan kebugaran dari Merpati Putih, yang bisa dilakukan di rumah:

Strechting/peregangan dan warming up/ pemanasan untuk menyiapkan otot tubuh untuk melakukan bentuk olah napas, biasanya dilakukan selama 15 menit

Teknik pengolahan napas,

untuk pemula terdiri dari 12 bentuk pengolahan napas atau disesuaikan sesuai kemampuan peserta. Latihan pengolahan ini dilakukan dengan mengejangkan otot-otot tubuh dengan pengaturan napas dada perut. Tujuan latihan ini adalah untuk mengaktifkan simpul energi yang ada dalam tubuh.

Teknik Pembinaan,

untuk pemula ada 4 bentuk. Yaitu bentuk Garuda, Dorong Tarik, Kombinasi Dorong Tarik, dan bentuk Listrik. Masing-masing bentuk durasi waktunya 25 detik.

Tujuan olah napas pembinaan ini adalah untuk menghaluskan energi yang dibangkitkan saat pengolahan dan mendistribusikan energi tersebut ke bagian-bagian tubuh. Dengan menahan napas selama minimal 25 detik yang disertai dengan mengejangkan otot-otot tubuh akan menyebak seluruh sel-sel tubuh tersuplai oksigen secara maksimal. Sehingga metabolisme tubuh berjalan dengan sempurna dan dampaknya tubuh akan berenergi dan bugar.

Penenangan, menormalkan kembali kondisi tubuh dan mengendapakan enargi hasil dari pengoahan dan pembinaan di bawah pusar dan bisa diaktifkan bila dibutuhkan.

Meditasi, ada berbagai macam teknik di Merpati Putih yang intinya yaitu untuk meningkatkan konsentrasi dan kepekaan.

Sehingga merasakan energi tubuh dan energi di sekitar kita. Selain itu bisa menyerap energi positif yang ada di alam, nantinya akan memberikan dampak positif pada tubuh. Kita bisa menyerap energI positif dari matahari, bumi, bulan, pohon dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul 5 Gerakan Pencak Silat Merpati Putih Khusus Pemula di Rumah, http://bali.tribunnews.com/2016/04/09/5-gerakan-pencak-silat-merpati-putih-khusus-pemula-di-rumah?page=3.
Penulis: Luh De Dwi Jayanthi
Editor: Irma Yudistirani