PENGARUH DESAIN GRAFIS DALAM MARKETING

Sumber: freepik.com

Di era yang serba digital dan modern ini, kita dituntut untuk dapat mengakses segala hal dengan cepat dan mudah. Hal ini tidak lepas dari bidang marketing yang juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan menjadi lebih mudah dan lebih luas cangkupannya. Desain grafis merupakan suatu bidang kreatifitas yang menghasilkan ide kreatif dengan menggabungkan gambar, pola, bentuk, warna, dan kata. Dengan menggabungkan ide-ide kreatif tersebut menjadi kombinasi warna, gambar dan tipografi membentuk suatu desain yang persuasif mengenai produk dari suatu perusahaan.

Oleh karena itu, desain grafis memiliki hubungan erat dengan marketing dan merupakan salah satu komponen penting dalam periklanan. Desain grafis dan marketing dapat dianggap sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Dalam marketing, desain hadir dalam berbagai bentuk seperti web, brosur, desain poster, banner, flyer, dan masih banyak lagi. 

Strategi marketing yang efektif terletak pada desainnya yang harus mampu menggambarkan kualitas maupun citra yang dibangun pada sebuah produk. Desain harus mampu menggambarkan ciri khas dan keunikan tersendiri yang akan membedakan produk tersebut dengan pesaingnya. 

Jadi, desain grafis memiliki pengaruh yang besar dalam marketing, karena jika sebuah brand memiliki desain grafis yang baik maka akan semakin mudah menarik konsumen saat sudah di pasarkan. Namun, perlu juga diperhatikan bahwa sebagus-bagusnya desain, penting untuk memiliki branding atau marketing yang baik. 

 

REFERENCES:

https://www.dumetschool.com/blog/peran-penting-design-grafis-dalam-pemasaran

https://www.kompasiana.com/ronisubhan7359/600fa73b8ede48229e6719f3/pengaruh-desain-grafis-dalam-promosi-pemasaran-suatu-bisnis

By Amadea