Role Pemain Volley

 

Hallo kembali lagi dengan yang sudah tidak asing lagi dari kami UKM Volley Binus, bicara tentang permainan bola volley tidak terlepas dari susunan atau posisi pemain di dalam lapangan, karena posisi pemain di dalam lapangan sangat berperan penting meraih kemenangan di setiap pertandingan nya, yuk di simak artikel nya.

 

Bicara tentang permainan bola voli, hampir tidak mungkin ada yang tidak mengenal olahraga ini. Karena permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga populer di Indonesia saat ini.

Permainan yang mempunyai sejarah panjang ini banyak digemari oleh berbagai kalangan terkhusus para anak muda. Tapi, bagi orang-orang yang bukan merupakan pemain bola voli profesional (yang mungkin salah satunya kamu karena membaca artikel ini), mungkin tahunya hanya beberapa istilah saja dari olahraga ini. Seperti tosser atau smasher.

Padahal, sebenarnya tidak hanya sebatas itu saja. Masih banyak lagi yang belum diketahui, khususnya tentang macam-macam nama pemain bola voli. Mengetahui macam-macam nama pemain voli ini sebenarnya penting juga, terkhusus kalau kamu ingin mendalami pengetahuan tentang permainan bola voli ini.

Nah, untuk memudahkan kamu dalam memahaminya, saya akan menjelaskannya secara singkat, tapi lengkap dan jelas. Sesuai dengan apa yang rangkum dari berbagai sumber. Mari disimak…

 

Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli

Perhatikan gambar di atas. Di gambar tersebut kamu dapat melihat angka 1 sampai dengan 6 di setiap daerah atau masing-masing tim.

Secara singkatnya, berdasarkan gambar tersebut, di nomor satu masing-masing tim adalah pemain yang disebut dengan server. Yaitu pemain yang melakukan servis.

Di nomor dua dan empat, adalah pemain yang bernama spiker atau smasher. Selanjutnya, di nomor tiga ada pemain yang dinamakan tosser atau set-upper.

Terakhir, di nomor lima dan enam di posisi pemain yang disebut dengan defender atau libero.

Itulah penjelasan singkatnya. Kalau kamu malas untuk membaca penjelasan lengkapnya di bawah, itu saja sudah cukup.

Tapi kalau kamu butuh penjelasan yang lengkap dan panjang, mari dibaca penjelasan mengenai fungsi atau tugas dari masing-masing posisi yang sudah saya tuliskan di atas. Berikut perinciannya…

 

  1. Set-Upper atau Tosser

Set-upper atau tosser adalah nama posisi pemain bola voli yang di dalam timnya dia bertugas sebagai orang yang mengatur serangan dari tim.

Jadi, setiap kali tim ingin melakukan serangan maka yang berhak menentukan dan memberi komando adalah set-upper atau tosser ini.

Mengapa bisa begitu?

Nah, perlu kamu tahu juga, bahwa untuk menjadi seorang set-upper atau tosser yang baik, dia mesti punya kualitas umpan, dan kecerdasan dalam memberikan berbagai variasi umpan.

Jadi, kalau kamu tidak bisa memberi umpan yang baik kepada teman kamu untuk melakukan serangan, jangan pernah menduduki posisi ini, kalau tidak mau tim kamu kebobolan terus.

Kamu harus pandai-pandai memberikan umpan cantik dan tepat agar tim kamu bisa melakukan serangan dengan baik.

Itulah sebabnya seorang tosser atau set-upper merupakan penentu dan pengatur serangan dalam permainan bola voli.

Tapi tidak hanya sampai situ saja. Selain sebagai orang yang mengatur serangan, seorang tosser atau set-upper juga dituntut untuk bisa menguasai teknik smash dan blocking yang baik.

Hal ini juga karena posisinya yang tepat berada di depan net dan di tengah-tengah.

 

  1. Spiker atau Smasher

Posisi spiker atau smasher ini di samping tosser dan  di depan net juga seperti tosser atau set-upper.

Dengan posisinya yang di depan seperti tosser ini, tugasnya pun ada sedikit kesamaan dengan tosser. Yaitu sebagai blocker atau memblock bola untuk membendung serangan dari tim lawan.

Tapi, sesuai namanya yaitu smasher atau spiker, tugas utamanya adalah untuk melakukan serangan atau smash sehingga mendapatkan poin untuk memenangkan permainan.

Jadi, sebenarnya di posisi spiker ini, pemain yang mendudukinya mempunyai tugas ganda. Yaitu sebagai penyerangan, sekaligus pertahanan.

Di satu sisi sebagai pengeksekusi serangan atau smash untuk mendapatkan kemenangan, dan di sisi lain melakukan blocking untuk menghindari kekalahan.

 

  1. Libero atau Defender

Libero atau defender ini sebenarnya adalah pemain-pemain yang posisinya di belakang para pemain depan.

Tugasnya apa?

Tugasnya adalah menerima dan menahan berbagai serangan dari pemain atau ti lawan dengan melakukan passing. Baik memakai tenik passing bawah, maupun dengan memakai teknik passing atas.

Tapi, dalam penggunaan teknik passing, ya gunakanlah sesuai dengan kondisinya. Kalau bolanya melambung tinggi di atas melewati kepala, ya pakai passing atas. Kalo bolanya ke bawah, ya pakai passing bawah.

Nah, makanya di posisi ini, pemain harus punya skill passing yang baik, biar bola tidak lewat dan mengakibatkan kekalahan.

Di posisi ini juga, yang namanya pemain bertahan ya tidak boleh melakukan blocking atau smash.

 

  1. Server

Server adalah posisi di mana pemainnya melakukan servis. Setelah melakukan servis, pemain di posisi ini juga menjadi defender atau libero.

Nah, itulah penjelasan mengenai macam-macam nama posisi pemain bola voli baik secara singkatnya maupun secara lengkapnya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu dan bisa menambah wawasan kamu dalam dunia per bola voli an, sehingga kamu semakin suka main bola voli.

 

Demikian artikel yang saya buat di atas tentang Role pemain Volley. Terima kasih sudah mau membaca tentang artikel kami UKM Volley Binus, tunggu artikel kami selanjutnya ya. Volley Binus???!!!!! SAID!!!!!!!!

Sumber Penulisan : https://olahraga.pro/posisi-pemain-bola-voli/